Apa hubungan pesawat militer Amerika dengan Maldives?

DUA hari ini Aceh dikejutkan dengan kehadiran dua pesawat asing yang merupakan angkutan militer Amerika Serikat. Pesawat jenis Dornier 328 ini diketahui sama-sama berasal dari Maldives.

Komandan Pangkalan Udara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Kolonel Penerbang Supri Abu mengatakan pesawat militer AS tersebut hendak menuju Singapura. Pesawat mendarat dengan alasan ingin melakukan pengisian bahan bakar (refueling).

Pertanyaannya, kenapa pesawat militer AS tersebut berangkat dari Maldives? Seperti apa hubungan Amerika dengan negara Republik Maledaewa itu?

Dikutip dari situs resmi Pemerintah Amerika Serikat www.state.gov, Maladewa (Maldives) telah menjalin hubungan diplomatik dengan sejak tahun 1966. Tepatnya setelah negara tersebut merdeka dari Inggris. Dalam situs tersebut, dituliskan hubungan bilateralnya cukup ramah.

Maladewa adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri dari kumpulan atol (suatu pulau koral yang mengelilingi sebuah laguna) di Samudra Hindia. Berada di sebelah selatan-barat daya India, negara ini berjarak sekitar 700 km sebelah barat daya Sri Lanka.  Maladewa juga dikenal sebagai negara dengan populasi dan luas wilayah terkecil di Asia.

Amerika Serikat telah berusaha untuk mendukung inisiatif demokrasi yang sedang berlangsung di Maladewa. AS juga mendukung agenda pembangunan ekonomi dan berusaha untuk memastikan bahwa Maladewa menangani masalah-masalah sosial dan lingkungan.

Setelah peralihan kekuasan di Maladewa pada Februari 2012, Amerika Serikat meminta semua pihak untuk menghormati lembaga-lembaga demokrasi di Maladewa, termasuk menghormati aturan hukum dan kehendak rakyat Maladewa. 

Amerika Serikat mengakui pentingnya mempromosikan keamanan di Samudera Hindia. Kapal Angkatan Laut AS telah secara rutin berada di Maladewa dalam beberapa tahun terakhir. Maladewa telah memberikan dukungan yang kuat untuk upaya AS untuk memerangi terorisme dan pendanaan teroris.

Amerika Serikat tidak memiliki konsulat atau kantor diplomatik di Maladewa. Duta Besar AS dan banyak staf kedutaan di Sri Lanka diakreditasi ke Maladewa dan membuat kunjungan periodik.

Dalam web tersebut, disebutkan sumber bantuan luar negeri AS bertujuan untuk mempromosikan dan meningkatkan keamanan maritim, kontraterorisme, penegakan hukum, dan kontra narkotika. Amerika juga melakukan kerjasama dengan pasukan Maladewa dan membantu kapasitas adaptasi negara serta ketahanan terhadap dampak negatif perubahan iklim global. | sumber: state.gov

  • Uncategorized

Leave a Reply