Antisipasi Luapan Krueng Pase Dinas Perairan Aceh Utara akan Bangun Tanggul Darurat

LHOKSEUMAWE – Dinas Sumber Daya Air Kabupaten Aceh Utara akan segera membangun tanggul darurat di beberapa titik di wilayah tersebut untuk mencegah terjadinya luapan Krueng Pase.

Tindakan ini dilakukan karena adanya kerusakan di beberapa titik tanggul di wilayah Krueng Pase. Kepala Bidang Sungai di dinas tersebut, Zakaria, kepada The Atjeh Post, Senin, 3 September 2012 mengatakan bahwa pihanya bersama DPRK Aceh Utara sudah turun ke lokasi untuk memantau situasi terakhir kerusakan tanggul tersebut.

Menurut Zakaria, tanggul yang berada di Desa Kitoe tersebut telah dibangun oleh Dinas Sumber Daya Air Aceh Utara dengan anggaran sebesar Rp 120 juta yang berasal dari dana APBK.

Namun akibat terkikisnya tanah yang berfungsi sebagai penahan beronjong, mengakibatkan terjadinya kerusakan di beberapa titik sepanjang 250 meter, terutama di bagian perbelokan arus sungai.

“Tingginya debit air dan arus sungai yang kuat, begitu cepat mengikis bagian tanah yang menahan beronjong, jadi hasilnya,  penampang yang dibangun tersebut mengalami penurunan, itu yang mengakibatkan air dapat meluap keluar,”j elas Zakaria.

Tanggul darurat tersebut kata Zakaria akan dibangun setelah mendapat persetujuan dana dalam perubahan APBK tahun 2012 dalam waktu dekat ini.

“Apabila nantinya terdapat sisa anggaran yang bisa digunakan, maka dalam waktu dekat ini, tanggul darurat itu akan kita bangun lagi dengan menggunakan anggaran perubahan APBK tahun ini,” kata Zakaria.

Kerusakan terpatah kata Zakaria berada di Kampung Kitoe, Kampung Baroe dan Kampung Paya Tebang, serta di beberapa kampung lainnya yang berdekatan dengan Krueng Pase.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply