Antibiotik Picu Obesitas bagi Bayi

JAKARTA – Tidak bisa sembarangan memberi antibiotik pada bayi yang ternyata memiliki efek samping. Sebuah penelitian menemukan, memberi antibiotik pada bayi yang berumur di bawah 6 bulan dapat membuat membuat mereka menjadi anak gemuk.

Leonardo Trasande dari New York University School of Medicine mengatakan hal ini terjadi karena mikroba dalam usus mati karena antibiotik. "Mikroba dalam usus mungkin berperan dalam penyerapan kalori. Paparan antibiotik, terutama di awal kehidupan, dapat membunuh bakteri yang mempengaruhi penyerapan nutrisi dalam tubuh kita," katanya.

Jan Blustein yang juga berasal dari New York University menyebutkan penelitian ini berangkat dari keingintahuan mereka tentang pengaruh antibiotik terhadap berat badan manusia, khususnya pada anak-anak. Pasalnya, bagi hewan antibiotik juga dapat menggemukkan. "Dalam beberapa tahun terakhir, petani tahu bahwa antibiotik dapat memacu berat sapi untuk dijual ke pasar," ujar dia.

Para peneliti kemudian mengevaluasi penggunaan antibiotik pada 11.532 bayi yang lahir di daerah Avon Inggris pada 1991 dan 1992. Hasilnya, mereka menemukan 22 persen anak-anak yang mengkonsumsi antibiotik lebih gemuk dibandingkan yang lain. Sedangkan anak-anak yang menggunakan antibiotik pada usia enam hingga 14 bulan tak mengalami peningkatan massa tubuh dibanding saat masih kecil.

Adapun anak-anak yang mengkonsumsi antibiotik pada usia 15 hingga 23 bulan memiliki indeks massa tubuh sedikit lebih tinggi pada usia tujuh tahun, namun tak ada pertumbuhan signifikan yang memungkinkan mereka untuk menjadi gemuk atau obesitas. | sumber: tempo

  • Uncategorized

Leave a Reply