Animasi di Logo Google Hari Ini untuk Peringati Dua Penulis Cerita Rakyat Eropa

Ada yang menarik dengan tampilan logo mesin pencari Google hari ini, Kamis, 20 Desember 2012. Logo tersebut menampilkan 17 slide animasi yang lucu dengan warna-warna yang menarik. Gambar-gambar tersebut bisa dilihat secara otomatis dengan mengklik gambar doodle Google. Beberapa di antaranya sangat familiar karena menggambarkan tokoh-tokoh animasi yang selama ini sering kita saksikan di layar televisi.

Doodle tersebut sengaja dirilis Google untuk memperingati The Brothers Grimm yaitu dua saudara kandung Jacob Ludwig Carl Grimm (4 Januari 1785–1863) dan Wilhelm Grimm (24 Februari 1786–1859). Keduanya merupakan akademisi Jerman, ahli bahasa, peneliti budaya dan menulis cerita rakyat bersama-sama.

Mereka merupakan pendongeng yang terkenal di Eropa, beberapa karya mereka yang sangat terkenal adalah Cinderella, The Prince Frog, Hansel dan Gretel, Rapunzel, dan Snow White. Koleksi pertama mereka adalah cerita rakyat Children’s and Household Tales yang diterbitkan pada tahun 1812.

Dua bersaudara ini menghabiskan tahun pertama mereka di Hanau, Jerman kemudian pindah ke Steinau. Tahun 1796 ayah mereka meninggal dunia, satu dekade pertama setelah kematian ayahnya keluarga mereka hidup dalam kondisi kemiskinan.

Pada abad ke-19 minat masyarakat terhadap cerita rakyat tradisional mulai dihidupkan kembali. Keduanya mengambil peran besar dalam mengembangkan sastra Jerman dan budayanya. Dengan tujuan tersebut mereka mulai mengumpulkan berbagai risalah ilmiah mengenai cerita rakyat, mereka lantas mendirikan pusat metodologi untuk mengumpulkan dan merekam cerita rakyat sekaligus untuk meneliti.

Antara tahun 1812-1857, koleksi pertama mereka direvisi dan diterbitkan berkali-kali, dari yang tadinya hanya 86 cerita menjadi 200 cerita. Selain menulis dan memodifikasi cerita rakyat, dua bersaudara tersebut juga menulis koleksi tentang mitologi Jerman dan Skandinavia. Tahun 1808 merka menulis kamus Jerman namun kamus tersebut tidak lengkap.

Karya-karya mereka yang diterjemahkan telah melebihi 100 karya, sebagian besar telah difilmkan oleh Disney seperti Putri Salju, Tujuh Kurcaci, Sleeping Beuaty dan Cinderella. | IHAN NURDIN | WIKIPEDIA

  • Uncategorized

Leave a Reply