Anggota DPR RI Komit Bikin Balai Pelatihan Untuk Mantan Kombatan GAM

SALAH satu anggota DPR RI dari Partai Gerindra, Khaidir, mengatakan dirinya sudah berkomitmen untuk mendirikan balai pelatihan untuk pemuda serta eks kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Aceh. Komitmen tersebut sudah dibahas dengan pemerintah pusat guna mengurangi angka pengangguran di Aceh.

“Setelah kita latih skill pemuda Aceh, nantinya kita akan kirimkan ke luar negeri untuk magang. Setelah mereka magang akan pulang ke Aceh membangun usaha sendiri yang mempekerjakan orang lain,” kata Khaidir kepada ATJEHPOST.co, Senin, 23 Februari 2015.

Ia mengatakan komitmen tersebut sudah mendapatkan lampu hijau dari pemerintah pusat. Selain itu, Khaidir telah menjalankan pelatihan ini bersama Pemerintah Kota Lhokseumawe meski belum memiliki gedung. Beberapa pemuda Aceh yang telah dilatih juga akan diberangkatkan ke Jepang dalam waktu dekat.

“Jadi ke depan usai pembangunan balai tersebut, tidak lagi hanya puluhan orang. Akan tetapi ratusan masyarakat yang akan kita latih untuk pemantapan skill,” katanya.

Khaidir mengatakan akan melakukan sertifikasi skill untuk mantan karyawan PT Arun, PT Pupuk Iskandar Muda serta beberapa mantan pekerja perusahaan di Aceh untuk menjadi pelatih. “Jadi mereka akan melatih pemuda Aceh dalam bidang pemantapan skill,” ujarnya.

Dia mengatakan untuk tahap awal sudah dimulai di timur Aceh, yaitu di Lhokseumawe dan Aceh Utara. Kedua daerah ini dipilih lantaran dinilai banyak pengangguran yang mempunyai kemampuan di bidang perindustrian.

"Di samping itu, Pemerintah Kota Lhokseumawe juga telah menjaring lebih kurang 50 orang untuk dibina," kata Anggota Komisi IX DPR RI yang membidangi masalah Kesehatan dan Tenaga Kerja ini.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply