Anggota DPR Nilai Tender di Daerah Tidak Sehat

JAKARTA – Tender di daerah sudah saatnya diawasi karena dinilai telah mengarah pada persaingan usaha yang tidak sehat antara perusahaan besar dan kecil.

Anggota Komisi VI DPR  Nyoman Dhamatra mengatakan, selama ini hanya pengusaha besar yang menang dalam tender pembangunan proyek di daerah, sedangkan pengusaha kecil kerap tersingkir karena tak bisa mematok penawaran yang rendah.

Menurutnya, ada indikasi kartel di antara pengusaha besar sehingga mereka mudah menang dalam lelang. “Bapak harus turun ke bawah. Lelang itu hanya dilakukan dengan sistem arisan. Ini fakta dan negara harus turun tangan,” ujarnya saat rapat kerja dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Rabu, 6 Juni 2012.

Namun, Ketua KPPU Tadjuddin Noer Said, melihat penguasaan pembangunan proyek di daerah oleh perusahaan besar terjadi karena kolusi antara pimpinan proyek dan peserta tender, bukan karena persaingan usaha yang tidak sehat. “Ini korupsi, bukan bidang kami. Harus diserahkan kepada KPK,” tegasnya.

KPPU, sambungnya,  memang melihat lelang proyek di daerah kerap dimenangkan oleh BUMN. Namun, menurutnya, pemberian kesempatan kepada pengusaha kecil di daerah seharusnya menjadi kebijakan pemerintah, bukan ranah KPPU. (bas) | sumber: bisnis

  • Uncategorized

Leave a Reply