Amerika pilih tindakan militer atasi konflik Suriah

KONDISI Suriah memanas setelah muncul klaim Amerika terkait adanya penggunaan senjata kimia. Menteri Pertahanan Amerika Chuck Hagel pun angkat bicara saat berkunjung di Indonesia.

"Ada beberapa pilihan langkah militer yang akan diambil," kata Chuck saat jumpa pers di kantor Kementerian Pertahanan RI, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin 26 Agustus 2013.

Namun Chuck tidak ingin menjelaskan secara rinci mengenai langkah militer tersebut. Dalam pertemuannya bersama Menteri Pertahanan Purnomo Yusdiantoro, konflik Suriah tidak dibahas.

"Kami tidak membahas soal Suriah," ujar Chuck.

Berbeda dengan Amerika, pemerintah Indonesia menyerahkan sepenuhnya penyelesaian masalah ini pada Dewan Keamanan PBB. Namun Purnomo membantah adanya senjata kimia dalam konflik Suriah.

"Pemerintah, dalam hal ini SBY, menyerahkan pada Dewan Keamanan PBB. Tapi pendapatnya mengenai penggunaan bahan kimia tidak benar," ujar Purnomo.

Kedatangan Chuck Hagel juga membahas mengenai pelatihan anti teroris yang akan dilaksanakan di Sentul, Bogor, pada 9 September hingga 13 September 2013. Pertemuan ini juga membahas rencara pemerintah Indonesia membeli 8 helikopter perang Apache dari Amerika.[] sumber : detik.com

  • Uncategorized

Leave a Reply