Aliansi mahasiswa Unsyiah demo Kejaksaan Tinggi

BELASAN mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Unsyiah menggelar aksi demo di depan kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Aceh. Aksi itu dilakukan sekitar pukul 10.30 Wib, Jumat 22 Februari 2013.

Mereka menuntut Kejaksaan Tinggi Aceh mempercepat proses pengusutan dan segera menetapkan tersangka kasus dugaan korupsi dana beasiswa Unsyiah (Univeristas Syiah Kuala) Banda Aceh yang saat ini ditangani Kejaksaan Tinggi.

Koordinator aksi Teuku Reza Maulana dalam orasinya di depan pagar kantor tersebut mengatakan jika proses penanganan kasus dugaan korupsi itu berjalan lamban, sehingga sampai saat ini masyarakat tidak mengetahui berapa besar kerugian negara dan siapa pelaku dugaan korupsi itu.

“Dari nominal yang mencapai 2 miliar itu sudah jelas mengakibatkan kerugian negara. Kejaksaan sendiri sudah menyita barang bukti uang sebesar 176 juta rupiah. Tapi kenapa hingga saat ini, kasus korupsi Unsyiah juga belum tuntas. Kita tidak tahu kerugian dan siapa tersangkanya,” kata Reza.

Menurut Reza, lambannya penanganan kasus indikasi korupsi itu telah menjadi preseden buruk penegakan hukum pemberantasan korupsi. Untuk itu mahasiswa meminta agar dalam waktu dekat ini pihak kejaksaan segera meyelesaikan kasus ini. “Jika tidak copot saja Kajati karena tidak berfungsi dan gagal,” kata Reza.

Mereka juga meminta kasus ini bisa dilimpahkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jika kejaksaan tidak bisa menyelesaikannya. “Jika tidak terselesaikan, limpahkan saja kasus ini ke KPK,” kata Reza. []

  • Uncategorized

Leave a Reply