Akibat Kerusuhan, Rutan Idi Rugi Ratusan Juta Rupiah

IDI RAYEUK – Kerusuhan di Rumah Tahanan Idi, Aceh Timur, pada Senin 13 Februari 2012 kemarin mengakibatkan kerugian hingga mencapai ratusan juta rupiah. Pernyataan ini disampaikan Amiruddin, Kepala Rutan Idi, Selasa 14 Februari 2012 kepada The Atjeh Post.

Amiruddin menyebutkan, semua kaca jendela kantor pecah akibat dilempari batu oleh para tahanan dan narapidana pada saat kerusuhan terjadi. "Bahkan, bukan hanya itu, jeruji besi jendela serta pintu rusak parah," katanya.

Adapun ruang-ruang yang rusak akibat dibakar para tahanan adalah gudang tempat peyimpanan beras, ruang kesehatan, kantin, ruang registrasi, dan pos pemantau atau yang biasa disebut pos monyet. Dia memperkirakan akibat dari kerusuhan tersebut kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Kerusuhan di Penjara Idi yang terletak di Desa Jalan, Kecamatan Idie Rayeuk, Aceh Timur, itu terjadi pada Senin siang. Para penghuni Rutan terlibat bentrokan dengan sipir dan kepala penjara itu.

Informasi dihimpun The Atjeh Post di lokasi kejadian, menyebutkan, kerusuhan berawal saat sejumlah pembezuk ke luar dari penjara. Tujuh tahanan berusaha menorobos pintu dua ketika sipir membuka pintu itu agar para pembezuk bisa ke luar. Sejumlah sipir termasuk Kepala Rutan, Amiruddin langsung menghadang tujuh napi yang mencoba kabur.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply