Akhir Tahun, Bank Tutup Empat Hari

Bank Indonesia (BI) membatasi kegiatan operasional pada libur nasional dan cuti bersama dalam rangka peringatan 10 tahun bencana tsunami hingga libur akhir tahun nanti.

Kepala Perwakilan BI Wilayah Aceh, Zulfan Nukman, mengatakan, pembatasan operasional itu dilakukan sebagaimana pedoman pemerintah terkait hari libur nasional dan cuti bersama 2014. Namun, BI memberikan waktu tertentu kepada masyarakat untuk melakukan transaksi perbankan.

“Layanan kas Bank Indonesia nantinya tidak beroperasi selama empat hari, yaitu pada tanggal 25-26 Desember kemudian jelang tahun baru 31-1 Januari 2015,” kata Zulfan kepada Serambi, Kamis (18/12).

Ditambahkan, layanan kas kembali beroperasi normal pada tanggal 29-30 Desember dan 2 Januari 2015.

Selanjutnya dijelaskan, kegiatan operasional BI RTGS dan BI-SSSS dan operasional kliring juga ditiadakan pada tanggal 25 hingga 26 Desember. Layanan kembali normal pada tanggal 29-30 Desember. Sementara untuk tanggal 31 Desember, layanan operasionalnya dilayani secara terbatas.

Zulfan mengimbau agar perbankan mengantisipasi jadwal libur operasional tersebut, seperti ketersediaan dana kepada masyarakat dan memonitoring persediaan uang tunai di Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

“Sebab ini merupakan liburan akhir tahun yang banyak dimanfaatkan masyarakat untuk liburan atau acara keluarga. Sehingga perbankan perlu mengantisipasi kebutuhan dana masyarakat,” ucapnya.

Selanjutnya, Zulfan menambahkan, pelayanan perbankan akan kembali beroperasi normal pada tanggal 2 Januari nanti.

“Operasional perbankan menjadi pertimbangan dan kewenangan masing-masing bank,” tutup Zulfan.

Sementara itu, sejumlah bank di Banda Aceh mengaku akan merujuk pada ketentuan operasional Bank Indonesia terkait libur nanti.

“Seperti biasa, kami merujuk pada ketentuan BI. Kami akan menyiapkan dana secukupnya juga di ATM, pastinya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” kata Amal Hasan selaku Humas Bank Aceh.

Begitu pula dengan staf Bank Muamalat, menurutnya terkait dengan libur operasional selama ini mereka selalu mengikuti ketentuan yang diinstruksikan BI. Meski sejauh ini pihaknya mengaku belum mendapatkan informasi libur tersebut dari Bank Indonesia.[] sumber: serambi indonesia

  • Uncategorized

Leave a Reply