Akhir Agustus Ada Piasan Seni di Banda Aceh

UNTUK yang ketiga kalinya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh menyelenggarakan event Piasan Seni. Acara ini rencananya akan dihelat di Taman Sari pada 29-31 Agustus 2014 dengan melibatkan sekitar 50 komunitas di Banda Aceh.

Komunitas itu antara lain berasal dari komunitas seni, kampung kreatif dari sembilan kecamatan di Banda Aceh, BEM dari Unsyiah, UIN Ar-Raniry dan Universitas Serambi Mekkah dan SMA.

Kegiatan yang diorganisir oleh Panteu Aceh ini akan dimeriahkan dengan sejumlah kegiatan seperti lomba baca puisi untuk siswa SMA, lomba lukis untuk murid SD sederajat dan lomba rapai garapan se Provinsi Aceh.

“Kegiatan lainnya adalah pameran seni dan workshop seni musik tradisi,” kata Munzir Linge, dari Panteu Aceh kepada ATJEHPOSTco, Rabu 13 Agustus 2014.

Untuk tahun ini kata Munzir, Piasan Seni mencoba mengubah format dengan mengurangi kegiatan ekspo dan fokus pada kegiatan seni.

Beberapa agenda kegiatan lainnya adalah pemutaran film pendek dari komunitas film di Banda Aceh. Menariknya pemutaran film ini nantinya dikemas dengan konsep layar tancap yang mudah disaksikan oleh pengunjung.

“Ada juga panggung apresiasi seni untuk komunitas dan panggung hiburan rakyat yang diisi oleh sejumlah bintang tamu seperti Cut Ikaliana, Seuramo Reggae, Joel Pasee dan Moritza Thaher,” ujarnya.

Di Piasan Seni nanti pemerintah juga akan memberikan anugerah budaya kepada sejumlah seniman di Banda Aceh dan Aceh Besar untuk kategori Sastra, Teater, Musik dan Seni Rupa.

Pembukaan acara dijadwalkan pada Jumat malam, 29 Agustus 2014 yang disuguhi pertunjukan tari Liong dari komunitas Hakka Aceh dan rapai geleng.

“Hingga kini persiapan sudah mencapai 70 persen dan sedang dalam tahap penyelesaian,” ujar Munzir.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply