Akademisi: Aceh Harus Siap Jawab Tantangan Jokowi Soal Maritim

AKADEMISI Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh (Unimal), Dr. Rusydi Abubakar, M.Si., minta Pemerintah Aceh harus siap menjawab tantangan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang ingin mengembalikan Indonesia sebagai negara maritim.  

“Aceh harus siap dan kuat menjawab tantangan Jokowi yang ingin memaksimalkan potensi maritimuntuk kemakmuran dan kejayaan,” kata Rusydi Abubakar kepada ATEHPOST.co, Senin, 20 Oktober 2014.

Rusydi menyebut ke depan sumber daya laut harus dimanfaatkan dan dikelola secara serius termasuk keberadaan pelabuhan di Aceh untuk memaksimalkan pelayaran dan perdagangan sehingga membangkitkan perekonomian masyarakat dan daerah.

“Saya kira Unimal perlu segera membuka jurusan maritim untuk menjawab tantangan ini, mencetak lulusan yang siap mendayagunakan potensi kelautan yang sangat besar yang selama ini terabaikan,” ujar Doktor Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Bidang Kajian Ekonomi Manajemen Lingkungan ini.

Jokowi dalam pidato perdana seusai mengucap sumpah jabatan Presiden RI ke-7 mengatakan kita harus bekerja sekeras-kerasnya untuk mengembalikan Indonesia sebagai negara maritim. “Samudra, laut, selat dan teluk adalah masa depan peradaban kita. Kita telah terlalu lama memunggungi laut, memunggungi samudra, memunggungi selat dan teluk,” kata Jokowi.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply