Adu gengsi Muenchen dan Dortmund di Piala Super Jerman

PERTANDINGAN Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund di laga Piala Super Jerman merupakan pertandingan ulang final Liga Champions di Wembley yang dimenangkan the Bavarians.

Namun dalam pertandingan kali ini Borussia mengatakan bukan sebagai ajang balas dendam.

"Ini bukan balas dendam untuk Wembley,'' kata bek Borussia Mats Hummels.

Hummels menambahkan: "Bagi kami, ini adalah tes yang bus untuk mengetahui dimana posisi kami, tetapi kami tidak akan bertanding dengan motivasi atas fakta kami kalah di London."

Dalam final Piala Super sekaligus awal dari Bundesliga 9 Agustus nanti, kedua tim telah menjalani sejumlah perubahan.

Jupp Heynckes telah diganti oleh bekas pelatih Barcelona Pep Guardiola yang membawa kapten Spanyol U21 Thiago Alcantara dari Barcelona.

Dan gelandang timnas Jerman Mario Goetze juga telah bertukar kaos dari Dortmund menjadi Bayern Muenchen.

Dortmund juga melakukan beberapa perubahan dengan mendatangkan Pierre-Emerick Aubameyang, dari St Etienne, dan Henrikh Mkhitaryan dari Shakhtar Donetsk.

Diantara kedua klub, Dortmund dan Bayern sama-sama memenangkan empat gelar terakhir Bundesliga dan pertandingan kali ini akan menarik perhatian dunia karena ada 195 negara yang akan menyiarkan secara langsung.

'Persaingan sengit'

Berdasarkan dari kekuatan saat ini, Dortmund akan sedikit pincang karena tidak akan menurunkan tiga pemain baru mereka.

Mkhitaryan masih akan absen akibat cedera robek otot pergelangan kaki, sementara Aubameyang, juga masih akan duduk di bangku cadangan persama sayap baru Bortmund asal Polandia Jakub 'Kuba'
Blaszczykowski, yang masih harus memulihkan diri akibat gangguat perut.

Sedangkan Bayern akan turun dengan kekuatan penuh, bersama pelatih baru Pep Guardiola, peraih gelar Treble pada musim lalu ini berhasil memenangkan semua sembilan pertandingan pra musim termasuk kemenangan 2-0 atas Barcelona di pertandingan persahabatan di Muenchen, Rabu lalu.

Guardiola saat ini memiliki 10 pemain tim nasional di posisi gelandang dan mengatakan dia akan bertemu dengan bos klub untuk membicarakan apakah akan ada pemain yang harus dijual sebelum jendela transfer ditutup akhir Agustus.

Gelandang asal Brasil Luiz Gustavo telah dilirik oleh Wolfsburg, sementara Liverpool dilaporkan tertarik untuk membawa Xherdan Shaqiri.

Meski berjanji tidak akan ada aksi balas dendam dalam final Piala Super ini, tetapi aroma persaingan sengit masih dirasakan.

Apalagi dengan kehadiran Goetze di Muenchen yang sempat disebut sebagai 'penghianat' oleh para pendukung Dortmund.

"Musim lalu, ada satu atau dua iritasi, tetapi mereka bersepakat secara intenal atau terbuka di publik," kata direktur olahraga Dortmund Michael Zorc.

Sementara direktur olahraga Bayern Matthias Sammer mengatakan: "Akan selalu ada persaingan sengit."
Pertandingan Muenchen dan Dortmund di final Piala Super ini sepertinya memang akan menjadi adu gengsi bagi dua klub papan atas di Jerman ini.[] sumber : bbc.co.uk

  • Uncategorized

Leave a Reply