Ada Pengantin dan Main Bola dalam Surat Teroris Solo

Surat terduga teroris yang ditemukan Densus 88 saat penyergapan di Solo, Jawa Tengah, memuat sejumlah kode atau sandi. Kini, Polri tengah mempelajari oleh kode-kode tersebut.

Kode-kode itu antara lain "pengantin" dan "main bola". Menurut Kepala Biro Penerangan Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar, kode pengantin berarti bom bunuh diri. "Tapi, kalau (sandi) main bola itu artinya ingin melakukan penyerangan dengan petugas," kata Boy di Gedung DPR, Jakarta, Senin 3 September 2012.

Boy menuturkan, sandi-sandi itu terungkap selama pemeriksaan. Polri, kata dia, terus mendalaminya. "Kami akan melihat dengan teliti," kata dia.

Dia menambahkan, dalam surat yang ditemukan, komplotan ini terlihat sangat teliti dalam menjalankan aksi. Termasuk, menentukan hari pelaksanaan aksi. "Itu fakta sementara yang ada," ujar Boy.

Detasemen Khusus 88 Anti Teror menemukan surat milik terduga teroris yang ditembak mati di Solo, Jawa Tengah, pada Jumat malam lalu. Surat itu ditemukan di dalam tas yang dibawa oleh Farhan.

Boy menambahkan, surat itu ditemukan di dalam tas bersama tiga magasin dan tiga hollowpoint ukuran 9 mm.

Menurut Boy, surat itu merupakan salinan dari surat yang asli. Meski demikian, surat itu bisa membantu Polri mengungkap motif dan jaringan komplotan ini.

Dengan surat itu, tambah Boy, diketahui Farhan dan komplotannya merupakan jaringan lama. Mereka tergabung dalam wadah Jamaah Islamiah yang ingin mendirikan negara Syariah Islam di Indonesia. "Perjuangan seperti itu tampak tergambar dalam surat itu," kata Boy.



Dalam surat itu, lanjut Boy, kelompok ini juga menjelaskan alasan mereka membalas dendam kepada polisi. Kelompok ini, merasa kecewa atas penangkapan tokoh mereka. "Itu yang terungkap dalam surat itu, sehingga mereka balas dendam," tutur dia.

Densus 88 terlibat baku tembak dengan terduga teroris di Jalan Veteran, Solo, pada Jumat 31 Agustus 2012 malam. Dua terduga teroris–Farhan dan Mukhsin– serta angggota Densus Bripda Suherman, tewas.| sumber: viva.co.id

 

  • Uncategorized

Leave a Reply