Ada Batu dari Mars di Maroko

JAKARTA – Peneliti menyebutkan batu hitam yang ditemukan di padang pasir Maroko tahun lalu adalah jenis terbaru meteorit Mars yang beratnya 320g dan telah diberi nama Northwest Africa (NWA) 7034.

Tekstur dan senyawa kimianya terlihat berbeda dari benda apapun yang berasal dari Mars, namun ditemukan di permukaan Bumi. Menurut sebuah majalah ilmiah, diperkirakan batu tersebut berumur dua miliar tahun.

Penelitian dilakukan dan dipimpimp Carl Agee dari Universitas New Mexico di Amerika Serikat.
"Ini memiliki beberapa kemiripan dengan meteorit Mars lainnya tapi juga jelas berbeda dalam beberapa hal," kata Carl kepada BBC News. "Baik ketika terlihat dengan mata telanjang, dan juga komposisi unsurnya".

Ada lebih dari 100 meteorit Mars saat ini yang telah menjadi koleksi Bumi. Semuanya meluncur dari Mars bersama beberapa asteroid atau komet, dan kemudian menghabiskan jutaan tahun perjalanan melalui angkasa sebelum jatuh ke Bumi.

Hampir semua meteorit Mars dapat dimasukkan ke tiga klasifikasi yaitu Shergotty, Nakhla, dan Chassigny setelah spesimen kuncinya. Para ilmuan akan selalu melabeli batu-batu itu dengan sebutan meteorit SNC.

Agee dan rekan-rekannya yakin NWA 7034 memiliki kelasnya sendiri dan mereka melihat banyak air dalam metorit baru tersebut, sekitar 600 bagian per juta. Itu adalah 10 kali lebih banyak air yang terikat ke batu dari pada kasus di spesimen SNC.

"Batu ini terbentuk 2 miliar tahun lalu, dan banyak SNC yang ditemukan umurnya hanya 200-400 juta tahun lalu," kata Agee seperti dikutip BBC.[] sumber : antara

  • Uncategorized

Leave a Reply