Aceh Tengah Gelontorkan Rp 390 Juta Untuk Pelaksanaan MTQ Keluarga

Aceh Tengah Gelontorkan Rp 390 Juta Untuk Pelaksanaan MTQ Keluarga

TAKENGON – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah telah mengalokasikan Rp 390 juta untuk pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Keluarga tingkat kabupaten yang akan dilaksanakan pada Oktober 2015 mendatang.

Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Tengah, Alam Syuhada mengatakan, alokasi anggaran itu bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) 2015. Jumlah anggaran senilai Rp 390 juta tersebut disediakan untuk menyukseskan program MTQ keluarga.

“Jumlah anggaran tersebut juga kita bagikan sebagian untuk pelaksanaan seleksi peserta MTQ keluarga di tingkat kecamatan. Selain itu ada juga biaya hakim, hadiah hingga biaya pemberangkatan umrah bagi pemenang satu,” kata Alam Syuhada kepada portalsatu.com di Takengon, Selasa, 28 Juli 2015.

Di samping itu, katanya, alokasi anggaran itu juga disediakan untuk uang pembinaan bagi pemenang terbaik dua dan tiga.

Kendatipun Alam Syuhada mengaku, pihaknya belum menentukan berapa lama peserta pemenang satu akan ditetapkan di Mekkah untuk melakukan umrah. Ketetapan itu, katanya, sangat tergantung pada kemampuan anggaran yang telah dialokasikan.

“Kita lakukan proses seleksi di tingkat kecamatan dan kabupaten dulu. Pemenang satu nanti baru kita berangkatkan umrah. Dan umrah itupun banyak kategori, ada yang jatahnya 15 hari, ada juga yang sepuluh hari. Jadi paket itu nanti kita tentukan sesuai kemampuan anggaran,” ujarnya.

Alam Syuhada mengatakan hingga akhir Juli hanya Kecamatan Kebayakan yang baru melakukan seleksi peserta di tingkat kecamatan. Sementara 13 kecamatan lainnya diperkirakan akan melakukan seleksi perserta paling lambat pada September mendatang.

“Agar persiapan setiap perwakilan kecamatan itu bagus, maka sudah seharusnya dipercepat proses seleksinya,” kata Alam Syuhada.[](bna)

Leave a Reply