Aceh  Jadi Tujuan Turis Muslim

Aceh Jadi Tujuan Turis Muslim

JAKARTA – Wisatawan mancanegara (wisman) beragama Islam menjadi target yang potensial dalam industri pariwisata. Karenanya, ada tiga daerah di Indonesia yang akan dijadikan tujuan berwisata bagi wisman muslim.

Sejauh ini, jumlah kunjungan wisman muslim, terutama dari Timur Tengah, ke Indonesia baru 150 ribu. Sedangkan, pemerintah Indonesia menargetkan 600 ribu kunjungan turis asal Timur Tengah pada 2015.

Dengan kata lain, sejumlah daerah di Indonesia akan disiapkan untuk melayani para wisman muslim tersebut. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, sekiranya ada tiga daerah di Indonesia yang akan dijadikan tujuan utama wisman muslim.

“Minimal mungkin untuk tiga daerah yang akan kita sepakati, yaitu Aceh, Sumatera Barat, dan Nusa Tenggara Barat. Jadi kita harus fokus ke situ terlebih dahulu,” ujar Menpar Arief di Jakarta Convention Centre, Selasa (12/5/2015).

Untuk menarik kunjungan wiman muslim ke Indonesia, Menpar pun melihat dari Malaysia dan Thailand, yang jumlah kunjungan wisman muslimnya lebih banyak. Malaysia sendiri mengandalkan family tourism dan Thailand lebih kepada lifestyle tourism.

Menurut Menpar, Indonesia telah memiliki family dan lifestyle tourism, tinggal bagaimana cara dalam mempromosikan. Pria kelahiran Banyuwangi ini melihat dua faktor yang tidak kalah pentingnya dalam promosi pariwisata bernuasa religi.

“Kalau family tourism, pemegang keputusan di sana adalah ibu, maka, kita harus pasang promosi di majalah atau media yang dibaca oleh ibu-ibu. Sedangkan, untuk lifestyle tourism lebih dipengaruhi agen travel, maka kita akan pasang iklan-iklan pariwisata di sana,” jelasnya. | sumber: okezone.com

Leave a Reply