Aceh Dinilai Punya Potensi Bisnis Tak Terbatas di Segala Sektor

BANDA ACEH – Aceh merupakan daerah yang memiliki potensi besar untuk segala bidang investasi yang tak terbatas dibandingkan provinsi lain di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Pusat, Tamba P Hutapea, kepada ATJEHPOSTcom, usai mengisi materi dalam kegiatan Badan Investasi dan Promosi (Bainprom) Aceh di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Selasa, 22 Januari 2013.

Menurutnya saat ini investasi di bidang pertanian dan perkebunan di Aceh sangat menjanjikan bagi investor. Bahkan, sudah banyak para investor yang menyampaikan niatnya kepada pemerintah pusat untuk berinvestasi di Aceh.

Selama dua tahun terakhir kata Tamba, pertumbuhan investasi di Aceh mulai meningkat. Meski dinilai dari potensi yang ada saat ini jumlah investasi yang diharapkan belum terlalu besar jumlahnya, namun grafik kenaikannya terjadi secara signifikan.

Tahun 2011 katanya, jumlah realisasi investasi yang hanya hanya Rp 461,6 miliar. Namun pada tahun 2012 hingga triwulan ketiga mencapai Rp 1,57 triliun rupiah, atau 0,7 persen dari sebelumnya yang hanya 0,018 persen.

 “Namun ini belum seberapa, dibandingkan dengan besarnya potensi yang ada dan menjanjikan. Khususnya hilirisasi produk pertanian, produk pertambangan mineral dan batubara atau minerba, maupun hilirisasi produk minyak dan gas bumi,” ujarnya.

Melihat besarnya minat investor baik nasional maupun investor luar negeri, maka pemerintah Aceh maupun pusat kata Tamba, harus melakukan percepatan pembangunan di segala bidang, yang dicanangkan dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia ( MP3EI ).[] (ihn)

  • Uncategorized

Leave a Reply