9 Tips untuk menyenangkan hati mertua

MENANTU mana sih yang tak ingin akur dengan ibu mertuanya? Namun terkadang akrab dengan ibu mertua tak semudah kelihatannya. Tentu membuat mertua bahagia dan dekat dengan Anda memerlukan usaha.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menyenangkan hati mertua, seperti dilansir oleh Chicago Tribune (14/07).

1. Undang mertua ke rumah
Salah satu hal yang ditakutkan oleh mertua ketika anak mereka menikah adalah mereka akan dilupakan sebagai orang tua. Untuk itu, jangan sungkan untuk mengundang mertua ke rumah. Ini cara untuk menunjukkan bahwa mereka masih berharga dan penting.

2. Bersikap baik saat diundang ke rumah mertua
Ketika diundang oleh mertua ke rumahnya, sebaiknya bawakan bingkisan atau oleh-oleh. Tak harus mahal, tetapi bisa digunakan oleh mertua. Selain itu, tawarkan juga untuk bersih-bersih dan membantu saat mertua menyiapkan hidangan atau minum. Jangan bersikap seperti tamu karena Anda adalah bagian dari keluarga.

3. Telepon mertua sesekali
Teleponlah mertua untuk menanyakan kabar beliau. Ajak mertua berbicara dengan ramah. Selain menunjukkan bahwa Anda masih perhatian, ini juga langkah untuk mempererat jalinan silaturahmi.

4. Pakai hadiah yang diberi oleh mertua
Tak jarang mertua membelikan menantunya barang. Jika ini dilakukan oleh mertua Anda, jangan lupa untuk memakainya ketika berkunjung atau menunjukkan bahwa Anda menyukainya. Ini membuat mertua merasa dihargai atas pemberiannya. Hal ini juga berlaku jika mertua membelikan anak Anda sesuatu. Pastikan anak memakai pakaian yang dibelikan mertua ketika berkunjung, sesekali.

5. Jangan mengadu pada pasangan
Jika mertua mengatakan suatu hal yang tidak Anda sukai, jangan mengadu pada pasangan. Ini akan memperburuk suasana dan memperbesar masalah. Lebih baik katakan pada mertua secara langsung dengan baik-baik. Bisa jadi beliau tak sengaja mengatakannya atau tak tahu bahwa hal itu bisa menyakiti Anda.

6. Jangan berkompetisi dengan adik ipar
Jika pasangan memiliki adik, jangan mencoba berkompetisi dengannya. Sudah jelas mertua akan lebih memihak anak mereka dibanding Anda dan ini adalah hal yang wajar. Jadi tak usah membanding-bandingkannya.

7. Jangan bergosip tentang keluarga
Sebaiknya jauh-jauh dari gosip keluarga. Jangan mencoba nimbrung apalagi menyebarkan gosip yang tak sedap. Bergosip bukan cara untuk mempererat hubungan dengan keluarga mertua. Ada cara lain yang lebih baik dan aman untuk dilakukan.

8. Minta pendapat
Salah satu cara menunjukkan bahwa mertua adalah orang yang penting dan Anda hargai adalah dengan menanyakan sesuatu padanya. Misalnya seperti meminta opini atau pendapat. Anda juga bisa minta resep atau minta diajari sesuatu. Ini akan membuatnya merasa didengarkan dan dipercaya.

9. Cintai dan rawat anak mereka
Cara terakhir adalah dengan menjaga pasangan dan mencintainya. Pasangan adalah anak dari mertua. Jika mertua melihat Anda sangat menyayangi dan menjaga, serta merawat pasangan dengan baik, maka mertua pasti akan bersikap baik pada Anda.

Sama seperti orang tua Anda, mertua juga adalah orang tua. Untuk menyenangkan hati mereka sama dengan ketika Anda mencoba menyenangkan hati orang tua sendiri. Intinya selalu perlakukan mereka dengan hormat, menghargai, dan menyayangi mereka. | sumber: merdeka.com

  • Uncategorized

Leave a Reply