9 Tahun Perdamaian Aceh, Ini Tuntutan Mahasiswa Unsyiah

MEMPERINGATI hari perdamaian Aceh yang ke-9 tahun, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Syiah Kuala menggelar demo di gedung DPR Aceh, Jumat 15 Agustus 2014.

Amata ATJEHPOSTco pagi tadi, mahasiswa tiba di halaman DPR Aceh pada pukul 11:00 WIB, tak lama setelah rapat paripurna istimewa mendengar pidato kenegaraan oleh Presiden SBY. Aksi tersebut mendapat pengawalan ketat dari pihak kepoliasn yang sudah siaga di lokasi.

Dalam aksi itu puluhan mahasiswa tersebut menuntut untuk bertemu dengan Gubernur Aceh Zaini Abdullah.

Presiden Mahasiswa Unsyiah Muhammad Chaldun mengatakan dalam perjalanan perdamaian Aceh masih banyak permasalahan yang belum terselesaikan.

“Kami mendesak presiden SBY untuk segera menuntaskan permasalahan UUPA dengan membentuk peraturan pelaksana,” kata Chaldun dalam orasinya.

Selain terkait penyelesaian UUPA, mahasiswa juga menuntut para pengambil kebijakan di Aceh berkomitmen dalam menjalankan syariat Islam di Aceh untuk kesejahteraan dan kedamaian rakyat.

Selaku penanggung jawab aksi Chaldun menambahkan, BEM Unsyiah menuntut komitmen Pemerintah Aceh dalam memajukan pendidikan di Aceh, dan memberikan fasilitas gratis bagi anak-anak yang ingin sekolah. Pendidikan gratis dan syariat Islam dua hal yang juga tertuang dalam UUPA.

Aksi tersebut berlangsung selama satu jam, menjelang masuk salat Jumat para mahasiswa membubarkan diri dengan tertib.[]

Laporan Zulkarnaini

  • Uncategorized

Leave a Reply