7,854 Juta Ton Kopi Aceh Diekspor ke Eropa dan Amerika

BANDA ACEH- Kopi asal Aceh rupanya masih menjadi komoditi andalan ekspor. Pada 2011, Aceh memasok kopi hingga 7,854 juta ton ke berbagai negara di Eropa dan Amerika Serikat.

Kepala Bidang perdagangan Luar dan dalam Negeri Disperindagkop dan UKM Aceh Nurdin mengatakan, kopi Aceh punya daya saing kualitas tinggi. Hanya saja, selama ini ekspor kopi Aceh lewat Medan.

“Volume ekspor kopi asal Aceh melalui Medan, tergolong besar. perkiraannya, mencapai 7,854 juta ton. Dari jumlah itu 5 juta ton di antaranya memenuhi pasar Amerika Serikat, sebagai tujuan utama ekspor kopi arabika Aceh. Sebagian besar kopi tersebut berasal dari dataran tinggi Gayo di wilayah tengah Aceh” Nurdin kepada The Atjeh Post, di ruang kerjanya, kemarin.

Nurdin menyatakan volume ekspor kopi pada tahun 2010 lalu mencapai 7,514 juta ton, sementara pada 2011 mencapai 7,854 juta ton.

Selama 2011, kata Nurdin, tercatat ada 14 negara tujuan ekspor kopi arabika asal Aceh, yaitu Taiwan, Korea Selatan, Korea, Jepang, AS, Kanada, Meksiko, Selandia Baru, Australia, Irlandia, Belgia, Inggris, Swedia, Jerman, dan Polandia.

“Kopi Aceh selama ini masih diekspor melalui pelabuhan di Belawan, Sumatera Utara karena masih minimnya fasilitas pelabuhan di Aceh," kata Nurdin.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply