6 Maret: Selamat Ulangtahun Real Madrid!

Hari ini klub sepak bola raksasa Real Madrid berulang tahun yang ke 110.

Real Madrid Club de Futbol atau biasa dikenal dengan nama Real Madrid saja, adalah sebuah klub sepak bola profesional yang berbasis di kota Madrid, Spanyol.

Didirikan pada 6 Maret 1902 dengan nama Madrid Club de Futbol, tim ini menggunakan gelar Real ("dari kerajaan") setelah Raja Alfonso XIII dari Spanyol memberikan izin resmi kepada klub tersebut pada Juni 1920. Real Madrid telah bermain di Divisi Utama Liga Spanyol (Primera Division) yang disebut sebagai La Liga sejak awal kompetisi ini dimulai, tahun 1928, dan merupakan klub tersukses di Spanyol berdasarkan jumlah trofi juara yang telah mereka raih.

Bersama FC Barcelona dan Athletic Bilbao, klub ini menjadi salah satu klub yang belum pernah terdegradasi ke divisi bawah. Klub ini juga merupakan salah satu klub terbaik abad ke-20 menurut FIFA. Mereka telah meraih 31 gelar La Liga, 18 gelar Copa del Rey, 8 Piala Super Spanyol, 9 gelar Piala Champions/Liga Champions UEFA, 2 Piala UEFA, 1 Piala Super Eropa, dan 3 Piala Interkontinental.

Kostum tradisional Real Madrid adalah putih-putih, sehingga dijuluki Los merengues (Tim putih). Stadion kandangnya adalah Stadion Santiago Bernabu yang berkapasitas 80.354 penonton. Real Madrid sendiri memiliki rivalitas cukup sengit terutama dengan Barcelona (dikenal sebagai El Clasico) dan klub sekota Atletico Madrid (dikenal sebagai El Derbi madrileno).

Sejak tahun 2000-an, Real Madrid dikenal sebagai tim yang gemar membeli pemain-pemain mahal berkelas dunia, sehingga diberikan julukan baru, yaitu Los Galacticos (tim galaksi). Klub ini juga dikenal sebagai salah satu klub terkaya di dunia, dengan penghasilan sebesar 438,6 juta Euro pada tahun 2011.

Lambang klub pertama Real Madrid adalah desain sederhana dengan sebuah jalinan dekoratif dan tiga huruf kapital yang dituliskan sebagai "MCF" yang merupakan singkatan dari Madrid Club de Futbol yang dibalut warna biru gelap dalam kostum warna putih. Perubahan pertama lambang klub terjadi pada tahun 1908, ketika mereka mengadopsi bentuk yang lebih ramping dan penempatan huruf inisial klub di dalam lingkaran.

Real Madrid memang dikenal memiliki  pemain dengan kemampuan yang tidak diragukan. Selama perjalanannya, Real Madrid terus melahirkan dan diisi oleh pemain bintang. Sebut saja David Beckham yang bergabung pada tahun 2003, Roberto Carlos, Zinedine Zidane, Chistiano Ronaldo, Karim Benzema, Kaka, dan masih banyak lagi.

Liga Spanyol 2012 boleh dibilang menjadi milik Real Madrid, karena hingga pekan 25, Madrid terus menjaga  keunggulan 10 poin dari Barca. Skuad besutan Jose Mourinho ini duduk di posisi puncak klasemen setelah mengantongi 67 poin dari 22 kemenangan dan satu hasil seri. Sementara Barca duduk di posisi dua dengan hanya mengantongi 57 poin. Mungkinkah Madrid akan menjadi sang juara? kita tunggu saja, tapi yang pasti Selamat Ulang Tahun Los Merengues!.| DEDE RIYADI| Dari Berbagai Sumber

  • Uncategorized

Leave a Reply