6 Korban hilang pasca gempa Gayo belum ditemukan

PENANGANAN masa tanggap darurat bencana gempa Gayo hingga hari ke-13, Minggu 14 Juli 2013, masih menyisakan pencarian terhadap 6 orang yang dinyatakan hilang di Desa Serempah Kecamatan Ketol Aceh Tengah.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pencarian terhadap warga yang hilang itu, masih terus dilakukan.

Menurutnya, hingga saat ini setidaknya ada 3 unit alat berat  yang masih bekerja di Desa Serempah. Tim terus menggali puing reruntuhan rumah warga di sana yang ikut amblas akibat longsor.

Desa serempah merupakan kawasan paling parah terkena dampak gempa yang terjadi 2 juli 2013. Separuh bagian desa itu terbelah longsor hingga menimbun rumah sekaligus  warganya, termasuk 6 diantaranya masih dinyatakan hilang.

Sementara, masa tanggap darurat yang ditetapkan Gubernur Aceh, Zaini Abdullah selama 2 Minggu yakni  3-17 Juli 2013. Dikatakan Sutopo masih akan diperpanjang jika diperlukan sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

Hingga hari ini BNPB telah mencatat 42 orang meninggal di Aceh Tengah dan Bener Meriah, pasca gempa yang meluluhlantakkan kedua daerah itu.

Namun jumlah pengungsi di kedua kabupaten yang awalnya mencapai 52.113 jiwa.  Berdasarkan data yang dirilis BNPB saat ini, berkurang menjadi 36.905 jiwa. Sebagian masyarakat telah kembali ke rumah masing-masing.[] (mrd)

  • Uncategorized

Leave a Reply