6 dari 10 Turis Asing di Aceh Datang dari Malaysia

JAKARTA – Karena kekayaan alam dan budayanya, Provinsi Aceh dilirik wisatawan dari berbagai belahan dunia. Dari jumlah wisman yang datang ke Serambi Mekkah tersebut, warga Malaysia adalah yang paling banyak datang.

"Wisman asal Malaysia jumlahnya 63% dari total kunjungan wisman di Aceh," tutur Jasman J Ma'ruf, Staf Ahli Gubernur Aceh Bidang Ekonomi kepada detikTravel di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (12/11/2012) malam.

Itu artinya, 6 dari 10 turis asing yang traveling ke Aceh, berasal dari Negeri Jiran itu. Para warga Malaysia ini, lanjut Jasman, rata-rata berkunjung ke Aceh untuk wisata religi. Kunjungan pun membanjir di bulan puasa.

"Mereka melakukan ibadah, bukan melihat warga lokal beribadah. Mereka juga sangat suka merasakan puasa di Aceh," tambahnya.

Pada 2011, kunjungan wisman ke Aceh mencapai 29 ribu orang. Rata-rata mereka tinggal selama 3-4 hari. Tahun 2012 ini, pemerintah Aceh menargetkan kenaikan 20% menjadi sebanyak 33 ribu wisman.

"Hal ini cukup memungkinkan mengingat ada penerbangan langsung dari KL-Banda Aceh dan Visa on Arrival," kata Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah, dalam kesempatan yang sama.

Untuk semakin meningkatkan kunjungan wisman dan wisnus, digelar Visit Aceh 2013 yang akan dipenuhi beragam festival dan pertunjukan sepanjang tahun. Dalam menyambut Visit Aceh 2013, pemerintah setempat juga telah berbenah infrastruktur dan beragam fasilitas lain agar wisatawan betah berlama-lama.

"Tema kali ini adalah Serambi Mekkah: Kaya Budayanya, Indah Alamnya," tambah Zaini. | sumber: detik.com

  • Uncategorized

Leave a Reply