5 Oktober, Seuramo Teater Aceh Gelar Arisan Teater

BANDA ACEH – Seuramoe Teater Aceh (STA) akan menggelar Arisan Teater Aceh ke II pada tanggal 5-7 Oktober 2012 mendatang di Banda Aceh. Kegiatan tersebut mengangkat tema “Budaya meningkatkan persatuan pluralisme pemberdayaan teater di masyarakat Aceh”.

Mirja Irwansyah, ketua panitia kepada The Atjeh Post menjelaskan bahwa kegiatan tersebut akan dipaket dalam bentuk pementasan teater, workshop teater, pemutaran video teater dan rembug STA.

“Kita membuat workshop penyutradaraan, acting dan penulisan naskah,” ujar Mirja, Selasa, 5 Oktober 2012. Ia menambahkan agenda tahunan tersebut diikuti oleh semua komunitas dan kelompok teater di Aceh.

Sekretaris Jenderal STA T Zulfajri atau Tejo, menjelaskan bahwa arisan teater ini digelar berawal dari kegelisahan para pelaku seni teater di Aceh. Dahulu kata dia, teater begitu berkembang dan punya tempat di hati orang Aceh. Namun, kini sudah tidak ada lagi, apalagi kelangkaan informasi antar kelompok teater di Aceh menjadi kendala untuk pertumbuhan teater.

“Kita harus banyak belajar dari daerah lain, hampir selalu rutin membuat event khusus, sehingga, komunikasi antar kelompok teater tersebut bisa terjalin,” kata Tejo. Ia juga berharap agar kegiatan arisan teater ini perlu mendapat dukungan dari pelaku seni lainnya agar berlangsung dengan suskses.

“Ini sebagai sebuah upaya pelestarian budaya lokal, di mana budaya asing semakin marak menjamah otak masyarakat Aceh. itu landasan kita membuat arisan ini,” ujarnya.

Dalam kegiata workshop panitia menghadirkan pemateri Ampon Yan, Fauzan Santa dan Mustika Permana.[] (ihn)

  • Uncategorized

Leave a Reply