5 Manfaat Olahraga Fisik bagi Kesehatan Mental

Olahraga diketahui memiliki manfaat utama untuk tubuh seperti membantu meningkatkan stamina, memperkuat otot, dan menurunkan berat badan. Ketika Anda melakukan olahraga fisik seperti jalan kaki, lari, atau berenang, tidak hanya fisik tubuh Anda saja yang mendapatkan manfaat namun juga mental Anda.

Seperti dilansir dari healthmeup.com, inilah manfaat olahraga fisik bagi kesehatan mental Anda.

Mengurangi stres
Melakukan olahraga secara teratur dapat membantu Anda menghilangkan stres. Sebab olahraga mampu meningkatkan kadar norepinephrine di dalam tubuh yang bermanfaat untuk meredakan stres. Oleh karena itu jika Anda stres, segera ambil sepatu lari Anda dan berlarilah.

Meningkatkan memori
Olahraga yang mengeluarkan keringat dapat meningkatkan produktivitas hippocampus yang berfungsi untuk meningkatkan memori otak. Sehingga jangan bosan untuk mendorong buah hati Anda agar berolahraga.

Membuat tidur nyenyak
Walaupun merasa lelah, namun tanpa Anda sadari bahwa olahraga akan membuat tubuh Anda menjadi rileks. Sebab naik dan turunnya suhu ketika Anda olahraga mampu melancarkan aliran darah yang pada akhirnya dapat membuat Anda tidur lebih cepat.

Meningkatkan kepercayaan diri
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa olahraga mampu membantu Anda agar merasa lebih baik, meningkatkan citra diri, serta membuat Anda percaya diri.

Membuat bahagia
Luapan hormon endorfin yang terjadi ketika Anda olahraga dapat membuat Anda menjadi lebih gembira. Penelitian kesehatan juga menyebutkan bahwa berlari dapat meringankan gejala depresi.

Jadi masih malas untuk berolahraga? Baca lagi manfaat di atas agar Anda termotivasi untuk berolahraga. | sumber : merdeka

  • Uncategorized

Leave a Reply