5 Herbal Penangkal Bakteri Jahat

Jika anda harus mengkonsumsi anti biotik, pastikan karena anda benar-benar membutuhkannya. Tetapi jika hanya menderita penyakit ringan seperti batuk dan pilek, sebaiknya tidak perlu mengkonsumsi anti biotic.

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, anda bisa menggunakan bahan-bahan herbal yang dipercaya mampu membunuh bakteri, jamur dan melawan virus.

Beberapa jenis herbal tersebut adalah:

Bawang merah

Sulfur dalam bawang diyakini memiliki senyawa diuretic dan anti bakteri. Secara tradisional bawang bisa menyembuhkan penyakit ringan seperti pilek. Sirup yang terbuat dari bawang diperkirakan bisa bekerja maksimal sebagai ekspektoran untuk menyembuhkan batuk parah, meningkatkan aliran darah dan anti inflamasi.

Bawang putih

Bawang putih dikenal sebagai salah satu herba tertua, bawang putih juga terkenal sebagai anti biotic alami yang bisa menangkal flu dan pilek. Kandungan senyawa allicinnya bisa membuat kekuatan terapeutik.

Studi menunjukkan bahwa bawang putih bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi kadar koleterol. Penelitian terbaru menunjukkan jika bawang putih lebih efektif mengatasi keracunan makanan dibandingkan obat standar.

Teh hijau

Meskipun tidak cukup dengan supan anti biotic, penelitian membuktikan jika teh hijau mampu membantu kinerja anti biotic dalam tubuh menjadi lebih baik. Teh hijau juga mengandung anti oksidan tinggi sehingga baik untuk menangkal radikal bebas.

 Madu

Madu baik digunakan pada luka dan infeksi, terutama madu Manuka yang berasal dari lebah yang mengkonsumsi semak manuka di Selandia Baru dan Australia dan terkenal dengan zat anti biotiknya.

Madu mengandung enzim anti mikroba yang melepaskan hydrogen peroksida, yang dipercaya dapat membantu menahan  pertumbuhan bakteri dan telah digunakan untuk mengobati infeksi bakteri eksternal dan internal termasuk radang perut.

Echinaceae

Echinaceae terkenal sebagai tumbuhan herbal yang bisa menangkal virus dan bakteri. Ia juga bisa merangsang sistem kekebalan tubuh sehingga sel-sel darah putih akan melawan infeksi lebih efektif.

Penelitian menujukkan bahwa mengkonsumsi suplemen echinaceae dapat mengurangi penyakit flu sekitar 58 % dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. | sumber: yahoo

 

  • Uncategorized

Leave a Reply