5 Cara Tingkatkan Kinerja Karyawan Tanpa Uang

Apa yang bisa dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kinerja dan semangat karyawannya? Semua orang pasti setuju jika jawabannya adalah kenaikan gaji. Namun bagaimana jika perusahaan tak punya cukup budget untuk menaikkan gaji karyawan? Tak perlu khawatir, Times of India (12/09) memberikan beberapa saran ini untuk meningkatkan kinerja karyawan tanpa iming-iming uang.

1. Dekat dengan karyawan
Motivasi tak perlu diberikan oleh atasan, tetapi bisa dimunculkan dari dalam diri karyawan sendiri. Caranya adalah dengan dekat dengan karyawan, berbagi tujuan perusahaan, dan menumbuhkan sense of belonging yang tinggi, sehingga karyawan bisa memotivasi diri mereka sendiri untuk meningkatkan kinerjanya.

2. Pujian
Tak ada orang yang tak suka ketika hasil pekerjaannya dipuji. Mendapatkan pujian atas pekerjaan akan membuat mereka merasa mampu dan telah bekerja dengan baik. Pada gilirannya ini akan menumbuhkan semangat untuk bekerja. Kinerja mereka juga akan semakin membaik.

3. Peningkatan karir
Terkadang dalam bisnis yang berkembang dan memiliki skala kecil, promosi tidak sering terjadi. Meski begitu, tak ada salahnya untuk memotivasi karyawan dengan memberikan peningkatan atau perkembangan karir, jelas Narellel Hess, HR konsultansi Challenge Consulting.

4. Buat fleksibel
Bisnis yang masih kecil biasanya lebih fleksibel dibandingkan perusahaan besar. Ini bisa jadi salah satu nilai plus untuk karyawan. Berikan mereka sedikit kebebasan, namun tetap terpantau. Kebebasan akan memberikan mereka kenyamanan bekerja, yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja mereka.

5. Informasi kesuksesan perusahaan
Beri tahu karyawan bahwa pekerjaan mereka penting bagi kesuksesan dan perkembangan perusahaan. Karyawan tentu ingin tahu apakah pekerjaan mereka berguna bagi perusahaan.

Itulah lima cara untuk meningkatkan kinerja dan semangat karyawan bagi perusahaan yang memiliki budget kecil. Tanpa iming-iming uang, perusahaan sudah bisa meningkatkan kinerja karyawan. | sumber: merdeka

 

  • Uncategorized

Leave a Reply