412 Penghuni Rumah PTPN 1 Cot Girek Akan Digusur

COT GIREK – 412 unit rumah yang berada di areal lahan milik PT Perseroan Nusantara (PTPN) 1 Cot Girek, Aceh Utara, dalam waktu dekat akan digusur.

Ratusan rumah itu termasuk 214 rumah milik PTPN yang ditempati TNI, Polri dan pensiunan karyawan PTPN, serta 198 rumah liar yang dibangun masyarakat setempat.

Penggusuran itu dilakukan karena 814 karyawan aktif PTPN hingga kini belum memiliki tempat tinggal tetap. Nantinya, warga yang rumahnya digusur akan diberikan ganti rugi berupa uang pindah antara Rp4 juta – Rp5 juta.

Asisten Personalia dan Humas PTPN 1 Cot Girek, Danil Kadir, kepada The Atjeh Post, Rabu 10 Oktober 2012 menyebutkan, di dalam 12.431 hektare lahan PTPN terdapat 412 rumah.

“814 karyawan tetap menuntut rumah dinas, karena itu memang diatur dalam undang-undang. Untuk memenuhi tuntutan itu, kita putuskan akan menggusur yang bukan karyawan," ujarnya.

Hal itu telah dimusyawarahkan dengan para penghuni rumah. Sejauh ini, kata dia, belum ditentukan tanggal pasti penggusuran.

Namun, seorang penghuni rumah milik PTPN 1 Cot Girek itu mengaku kecewa dengan kebijakan itu. Rencana ganti rugi juga dinilai tidak sepadan dengan nominal biaya bangunan rumah.

“Saya kecewa mendengar angka ganti rugi dari perusahaan. Itu jauh lebih kecil dari pengeluaran warga. Memang kita akui itu tanah milik perusahaan, tetapi seharusnya mereka juga melihat kerugian masyarakat,” ujar salah seorang warga yang enggan menyebutkan namanya.[] (rz)

  • Uncategorized

Leave a Reply