4 Kerajaan ini pernah berkuasa di Simeulue

RATUSAN tahun silam ada empat kerajaan yang pernah berkuasa di kawasan Pulau Simuelue dan tunduk di bawah Kesultanan Aceh. Hal itu disampaikan Ketua Majelis Adat Aceh atau MAA Simeulue, Djaelani saat ditemui ATJEHPOSTcom di salah satu warung kopi di Sinabang, Rabu, 5 Juni 2013.

"Zaman dahulu Simeulue ini di bagi empat dan diperintahkan empat raja. Ke empat raja itu tunduk kepada Sultan Aceh," kata Djaelani.

Empat raja yang pernah berkuasa di kawasan Pulau Simeulue, rinci Djaelani yaitu Raja Salang, yang disebut Kerajaan Salang meliputi Kecamatan Salang dan sebagian Alafan. Pusat kerajaan ini berada di Leukon dan Pulau Harapan.

Selain itu ada Raja Devayan dengan wilayah kekuasaan meliputi Simeulue Timur, Teupah Selatan, Teupah Tengah dan Teupah Barat. Pusat kerajaan ini berada di Gampong Salur.

Raja Simolol dengan wilayah kekuasaan Kecamatan Simeulue Tengah, Simeulue Cut dan Kecamatan Teluk Dalam. Pusat kerajaan berada di Gampong Lata'ayah.

Sedangkan Raja Sigulai, kata Djaelani, meliputi Simeulue Barat dan sebagian lagi di Alafan dengan pusat kerajaan di Gampong Sigulai.

"Empat kerajaan itu berubah dan perlahan hilang setelah masuknya penjajah Belanda dan Jepang, serta masa revolusi kemerdekaan hingga sekarang. Hanya tinggal nama saja," ujar Djaelani.[](bna)

  • Uncategorized

Leave a Reply