4 Dokter Spesialis RS Colombia Medan Tangani Bocah Korban Tembak Asal Aceh

MEDAN – Rumah Sakit Colombia Asia di Jalan Listrik Medan, Sumatera Utara, melibatkan empat doktes spesialis dalam menangani M Re, bocah empat tahun asal Aceh yang tertembak pistol ayahnya sendiri.

Keempat dokter masing-masing menguasai bedah saraf, ahli anak, ahli mata, dan ahli telinga hidung serta tenggorokan. Hal ini disampaikan Direktur Pelayanan Medik RS Colombia Asia Medan, Kianto, Selasa sore, 21 Mei 2012.

Menurut Kianto, sebelum melakukan operasi mengeluarkan serpihan proyektil peluru yang masih bersarang di wajah korban, keempat dokter spesialis terlebih dulu melakukan diagnosa untuk mengetahui kondisi kesehatan korban.

"Langkah medis tahap awal adalah melakukan diagnosa. Kemudian memastikan kondisi pasien siap untuk menjalani operasi. Setelah itu, baru dilakukan operasi," ujar Kianto.

Lebih rinci Kianto mengatakan, operasi tidak dapat dilakukan jika kondisi kesehatan korban tidak stabil.

"Tanpa persiapan matang, operasi bisa berdampak buruk pada pasien karena luka tembak mengenai bagian wajah dan menembus tulang pipi, tepat di bawah bagian mata," ujarnya.

Secara umum, kata dia, kondisi kesehatan korban terlihat stabil. Untuk sementara, korban ditempatkan di ruang perawatan. Sebelumnya, korban menjalani perawatan intensif beberapa jam di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS Colombia Asia Medan setelah dirujuk dari RSUD Cut Meutia, Lhokseumawe.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply