4 Cara agar karbohidrat tak bikin gendut

ADA banyak jenis diet yang mengatur konsumsi karbohidrat, mulai dari diet tanpa karbohidrat, diet rendah karbohidrat, dan lainnya. Sementara karbohidrat dibutuhkan tubuh untuk memenuhi nutrisi dan energi, namun ada kemungkinan karbohidrat yang diserap tubuh akan berubah menjadi lemak dan membuat gendut.

Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah agar karbohidrat tak tersimpan dalam bentuk lemak dan membuat gemuk, seperti dilansir oleh Daily Health Post (11/09).

1. Makan karbohidrat setelah olahraga
cara terbaik untuk membuat karbohidrat diserap tubuh secara maksimal dan membantu diet kalian adalah dengan mengonsumsinya setelah berolahraga. Ini bermanfaat karena karbohidrat akan meningkatkan produksi insulin dalam tubuh yang sangat dibutuhkan setelah olahraga berat. Selain itu, konsumsi karbohidrat setelah olahraga juga membantu pertumbuhan otot dan memperbaiki kerusakan otot akibat olahraga.

2. Hindari karbohidrat saat makan siang
Ada baiknya untuk menghindari konsumsi karbohidrat saat makan siang. Selain tak memperbaiki kerusakan sel atau otot pada tubuh, karbohidrat akan menyebabkan kalian kurang fokus di siang hari. Ada baiknya mengonsumsi karbohidrat saat sore untuk membantu tubuh rileks dan tidur dengan mudah. Lebih baik pilih karbohidrat dari sayuran seperti kentang daripada mendapatkannya dari pasta atau roti.

3. Jangan hanya konsumsi karbohidrat
Anggapan bahwa hanya mengonsumsi karbohidrat saat makan akan membuat tubuh lebih mudah mencerna merupakan mitos belaka. Yang terbaik adalah mengonsumsi karbohidrat dengan protein. Karbohidrat dan protein akan membuat kalian merasa lebih kenyang dan berenergi, serta menghindari penumpukan lemak dan kalori pada tubuh. Selain itu, mengonsumsi protein dan karbohidrat akan mencegah naiknya gula darah.

4. Jangan minum minuman manis saat makan
Yang terakhir adalah hindari mengonsumsi minuman manis saat makan. Jus yang banyak mengandung gula atau minuman bersoda bisa memperlambat proses pencernaan. Ini akan membuat karbohidrat yang dikonsumsi menjadi lemak dan menyebabkan peningkatan berat badan. Alkohol dan kopi juga memiliki efek yang sama. Jadi minum air putih setelah makan. Ini akan mempercepat proses pencernaan dan membantu pembakaran lemak. Selain itu, air putih lebih sehat dibandingkan minuman manis atau soda.

Itulah beberapa tips mencegah konsumsi karbohidrat kalian sehari-hari menjadi lemak. Tak perlu menghindari karbohidrat sepenuhnya karena tubuh masih memerlukan nutrisi dan energi dari karbohidrat. Selamat mencoba! | sumber : merdeka

  • Uncategorized

Leave a Reply