36 Persen perempuan masuk DCT Aceh Barat Daya

KOMISI Independen Pemilihan Aceh Barat Daya menggelar rapat pleno penetapan daftar calon tetap legislatif peserta pemilu Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten 2014. Sebanyak 376 caleg masuk dalam DCT dalam keputusan pleno KIP Aceh Barat Daya pada Selasa 20 Agustus 2013 kemarin.

Dari jumlah tersebut, 133 caleg atau 36 persen mewakili perempuan. Jumlah tersebut berkurang sebanyak dua peserta dari daftar calon sementara caleg 2014. Sementara untuk jumlah caleg pria yang masuk DCT sebanyak 243 orang.

Menurut keterangan Ketua Pokja Pencalonan di KIP Aceh Barat Daya, Hasbi, mengatakan dua caleg yang tidak lewat tersebut yaitu Irmayanti dari Partai Damai Aceh.

"Karena tidak ikut uji mampu baca Alquran pada penambahan kuota 20 persen yang digelar di sekretariat KIP Abdya," katanya.

Sementara untuk caleg pria yang tidak ditetapkan sebagai DCT yaitu dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) bernama M Jamin. Caleg tersebut dinyatakan tidak lulus karena tidak melengkapi surat pemberhentian sebagai Sekretaris Desa (Sekdes).

"Untuk tahapan pencalonan itu sudah selesai, tinggal mengumumkan di media saja sedangkan tahapan selanjutnya itu oleh Pokja lainnya," ujar Hasbi.[](bna)

  • Uncategorized

Leave a Reply