320 Brimob BKO ke Aceh Ditunda Berangkat

BANDA ACEH – Sebanyak 320 personil Brigade Mobil (Brimob) dari Markas Besar Polri yang rencananya tiba hari ini, Minggu 18 Maret 2012,  di lapangan Bandara Sultan Iskandar Muda ditunda keberangkatannya sampai Rabu lusa, 21 Maret 2012.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Aceh Kombes Gustav Leo saat dikonfirmasi The Atjeh Post melalui telepon seluler mengatakan penundaan keberangkatan itu karena ada perubahan jadwal. "Sebelumnya direncanakan menggunakan pesawat, ada perubahan menggunakan kapal laut. Karena kapal laut yang bisa digunakan sebagai sarana angkutan yang lebih efesien dan banyak muatannya," ujar Gustav, Minggu 18 Maret 2012.

Pada Rabu nanti, kata Gustav, 320 personil tersebut rencananya diberangkatkan dengan kapal laut dari Jakarta dan berlabuh di Medan pada Jumat 23 Maret 2012.

"Kemudian akan diberangkatkan ke Aceh lewat jalur darat untuk disebar ke seluruh wilayah pada lima titik rawan gangguan Kamtibmas di Aceh saat Pemilukada, di antaranya Banda Aceh, Aceh Jaya, Nagan Raya, Lhoksumawe, dan Gayo Lues," ujar Gustav.

Sementara itu, kata Gustav, sekitar 400 personil Brimob Bawah Kendali Operasi (BKO) yang disatukan dari beberapa wilayah Sumatera sudah diterima oleh Kepala Polda Aceh Sabtu kemarin, 17 Maret 2012 di Medan dan telah tiba di Aceh. "Dan sudah tersebar ke seluruh wilayah di Aceh," ujar Gustav.

Informasi yang diterima The Atjeh Post, tadi pagi di Lhokseumawe diadakan upacara penyambutan pasukan Brimob Nusantara di halaman Mako Detasemen-B Pelopor Satuan Brimob Polda Aceh, Jeulikat, Blang Mangat, Lhokseumawe, dipimpin Kapolres Bireuen Yuri Karsono.

Jumlah Brimob yang tiba di Lhokseumawe sebanyak 250 dari 720 personil yang diperbantukan untuk mengamanankan Pilkada Aceh. Kedatangan mereka disambut enam Kepala Kepolisian Resor di pesisir timur Aceh.

Para personil Brimob itu akan bertugas di delapan wilayah hukum Polres pesisir timur Aceh. Pasukan Brimob penugasan Mabes Polri itu berasal dari Sumatera Selatan dan Riau. Mereka tiba di Lhokseumawe, Sabtu malam, 19 Maret 2012.[]

Berita Sebelumnya:

Brimob BKO Tiba di Lhokseumawe
 

  • Uncategorized

Leave a Reply