3 Manfaat tomat untuk kulit wajah

TAK perlu pergi ke klinik kecantikan untuk mengatasi semua problem kulit wajah, Anda hanya perlu pergi ke swalayan atau ke pasar tradisional saja.

Benar lho, ladies. Apabila Anda memiliki problem jerawat, pori-pori besar dan kulit kusam tak bersinar, hanya ada satu bahan yang Anda kenal yang dapat mengatasinya.

Tomat. Buah menggemaskan yang juga dikenal sebagai sayur ini punya warna yang mempesona sepanjang usianya. Saat masih muda warnanya hijau, sedikit ranum, warnanya akan orange kekuningan, dan saat sudah ranum warnanya akan merah merona. Aromanya khas, dan rasanya sedikit asam.

Buah yang bernama latin Solanum lycopersicum ini berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Kandungan gizinya tak diragukan lagi, menurut USDA dalam 100 gram tomat, kandungan terbesar di dalamnya adalah vitamin A 17% dan vitamin C 21%, sisanya adalah serat, protein, kalori, gula, kalsium dan zat besi. Kandungan vitamin C yang besar ini ternyata membawa manfaat lebih bagi tubuh. Selain untuk menjaga sistem immune tubuh, vitamin C juga dapat berperan sebagai agen pencerah kulit.

Manfaat tomat untuk kulit wajah

Mengecilkan pori-pori

Tidak dapat mengecilkan pori-pori secara instant namun tomat dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat kotoran dan menggantikannya dengan nutrisi bermanfaat. Saat pori-pori membawa kotoran, otomatis ukurannya akan membesar, dan inilah mengapa Anda perlu memakai masker tomat secara rutin.

Langkah membuat masker tomat:

  • Campurkan tomat yang dihaluskan dengan 1 sdm jeruk nipis
  • Tambahkan 1 sdt gula, massage secara merata di wajah dengan perlahan dan gerakan melingkar.
  • Diamkan selama 10-15 menit, bilas dengan air hangat dan akhiri dengan air dingin.

Menyembuhkan jerawat

Kandungan asam dalam tomat mampu mempercepat penyembuhan jerawat. Sedangkan vitamin A dan C-nya juga akan membuat kulit lebih cerah serta menghilangkan bekas jerawat.

Langkah membuat masker anti jerawat:

  • Maskerkan tomat yang sudah dihaluskan merata di seluruh wajah.
  • Diamkan selama 30 menit.
  • Bilas dengan air hangat dan akhiri dengan air dingin.
  • Lakukan 1-2 kali seminggu agar jerawat cepat sembuh.

Mencerahkan kulit

Tak perlu cream atau lotion pemutih, Anda hanya perlu memaskerkan tomat 1-2 kali seminggu saja untuk mendapatkan kulit bersih dan lebih cerah.

Ramuan-ramuan sebelumnya di atas bisa Anda aplikasikan. Selain murah, langkah ini juga bisa selalu dilakukan di rumah secara rutin. | sumber : vemale

  • Uncategorized

Leave a Reply