25 Eks Petani Ganja Peroleh Bantuan Pemberdayaan Ekonomi

BIREUEN – Sebanyak 25 orang eks petani ganja di Kabupaten Bireuen mendapat bantuan pemberdayaan ekonomi. Bantuan ini masuk dalam kegiatan P4GN dari BNN Pusat melalui BNN Provinsi Aceh di Kabupaten Bireuen pada tahun anggaran 2012.
 
Kepala BNN Kabupaten Bireuen, Bani Amin, mengatakan 25 eks petani ganja yang mendapat bantuan di Kecamatan Peusangan Selatan, yaitu di Tanjong Beuridi sebanyak 10 orang, Darussalam 10 orang dan Desa Pulo Harapan 5 orang.
 
“Realisasinya cukup baik, karet kini tumbuh dengan subur, ini adalah pilot project pemberdayaan kepada eks penanam ganja agar tidak lagi kembali bergelut dengan tanaman terlarang tersebut,” ujar Bani Amin, Rabu 30 Januari . Kegiatan itu kini sudan rampung dilaksanakan.
 
Menurut dia, bantuan diberikan kepada eks penanam ganja yang memiliki kebun, mulai pembersihan lahan (land clearing), bibit karet dan tanaman tumpang sari berupa pisang. Kepada 25 penerima bantuan tersebut juga diberikan jatah hidup (jadup) untuk tiga bulan.
 
Bani mengatakan meski program bantuan itu sudah tersalurkan. Tetapi kalangan petani yang menerima bantuan itu mengharapkan adanya bantuan lanjutan berupa pembasmi rumput. Sebab lahan tanaman karet mereka kini ditumbuhi rumput yang menghambat pertumbuhan karet.
 
“Permintaan petani ini sudah disampaikan ke tingkat provinsi untuk tindaklanjut, BNN Aceh telah memberi sinyal membantu, namun belum merupakan sebuah kepastian,” ujar Bani. [mrd]

  • Uncategorized

Leave a Reply