UIN Ar-Raniry Siapkan Konselor

BANDA ACEH – Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry siapkan konselor dengan mengadakan pelatihan keterampilan konseling bagi dosen dan mahasiswa.

Dr. A Rani Usman, M.Si., Dekan FDK UIN Ar-Raniry, Kamis, 17 September 2015, mengatakan konseling bagian dari proses membantu terapi kejiwaan seseorang supaya bertindak wajar sesuai norma agama dan adat istiadat dalam masyarakat.

“Proses konseling ini juga memberikan nilai positif bagi penyembuhan traumatik,” kata A. Rani Usman di Banda Aceh.

Ketua Jurusan Bimbingan Konseling Islam FDK, Jarnawi, M.Pd., mengatakan pelatihan tersebut untuk memberikan pengetahuan dan pertukaran ilmu dengan konselor agar sesama pegiat sosial nantinya bisa mengembangkan diri secara optimal mungkin mengatur dan pemberi solusi dalam kehidupan bermasyarakat.

“Konselor ini bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan. secara individu kita punya potensi untuk jadi konselor bagi kita sendiri, semua manusia punya permasalahan hidup. Dan peran kita sebagai konselor bagi diri sendiri juga akan membantu,” ujar Jarnawi.

Pelatihan tersebut menghadirkan dua psikolog sebagai pemateri yakni Yulia Direzkia, yang juga staf Rumah Sakit Jiwa Aceh dan Nurjannah Nitura.[] (idg)

Leave a Reply