200 Peserta Ramaikan Pengibaran Bendera Bawah Laut di Sabang

Ratusan penyelam dari dalam dan luar negeri akan mengikuti kegiatan pengibaran bendera Merah Putih bawah laut di Sabang, Minggu, 17 Agustus 2014. Pengibaran bendera di bawah laut ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Aceh Diving Championship 2014.

“Kita target peserta yang akan mengikuti acara pengibaran bendera itu 200 orang,” ujar sekretaris panitia Aceh Diving Championship, Nurjannah, Sabtu, 16 Agustus 2014.

Dia mengatakan, Danlatamal I Belawan, Laksmana Pertama TNI Pulung Pambudi akan menjadi inspektur upacara dalam kegiatan tersebut. Sementara tim pengibar bendera berasal dari Angkatan Laut Kelasi, Raider 112 dan Basarnas.

Kegiatan akan dilakukan pukul 14.00 Wib setelah mendapat izin dari pawang laot setempat. Hal ini merupakan aturan kearifan lokal warga Sabang yang melarang melakukan kegiatan bawah laut di hari-hari besar nasional, termasuk 17 Agustus.

"Ini keputusan dari pawang laot,” ujar Nurjannah.

Menurut informasi kegiatan tersebut akan dipusatkan di pantai Gapang Kota Sabang. "Siang ini akan dilakukan kegiatan gladi resik untuk acara besok,” katanya.[]

Laporan: Zulkarnaini

  • Uncategorized

Leave a Reply