160 Peserta Meriahkan Lomba Renang Tradisional di Takengon

TAKENGON – 160 peserta perenang putra dan putri memeriahkan lomba renang tradisional di Teluk One-One Danau Lut Tawar Takengon, Aceh Tengah, Minggu 9 Desember 2012. Perlombaan ini terdiri dari empat katagori yakni kagori SD, SMP, SMA dan Umum.

Untuk katagori SD dan SMP berjarak 100 meter, SMA 200 meter dan katagori umum 500 meter yang langsung dijaga oleh tim Gayo Diving Club (GDC) untuk memberikan penyelamatan bagi peserta yang menyerah saat bertanding dengan memberikan ban atau langsung menaikan ke perahu.

Kepala Dinas Kebudayaan, Parawisata, Pemuda dan Olahraga Aceh Tengah, Ishak saat membuka perlombaan renang tradisional mengatakan, renang bukan hanya olahraga, tetapi sudah menjadi budaya di Dataran Tinggi Gayo karena dari anak-anak sudah mulai berenang di Danau Lut Tawar.

Lomba renang ini juga tahap awal menyambut Festival danau Lut Tawar 2013 mendatang dengan mempromosi wisata di Aceh Tengah ke pihak luar sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dari parawisata.

Peserta yang mengikuti lomba renang ini dari seluruh Aceh Tengah, baik dari perkotaan Takengon maupun dari pedesaan yang ada di Kecamatan Linge, ungkapnya.

Menurut Ishak, Festival Danau Lut Tawar ini bukan hanya milik masyarakat Aceh Tengah, tetapi juga milik masyarakat Aceh bahkan Indonesia. “Perlombaan renang ini langsung di dukung oleh Balai Pelestarian Budaya Banda Aceh dan Dinas Kebudayaan, Parawisata, Pemuda dan Olahraga Aceh Tengah”, ujarnya.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply