16 Jemaah Haji Indonesia Meninggal di Tanah Suci

Sedikitnya 16 jemaah haji asal Indonesia meninggal dunia di Tanah Suci. Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama, Abdul Djamil, Jumat, 19 September 2014.

"Yang rawat inap juga ada di dua tempat," ujarnya seperti dilansir Tempo.

Jemaah yang menjalani rawat inap di Madinah, tepatnya di Balai Kesehatan Haji, sebanyak lima jemaah. Untuk jemaah yang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) sebanyak 16 jemaah.

"Rata-rata mereka kelelahan dan ada yang memang penyakitnya kambuh."

Sebelumnya, bulan September 2014 merupakan musim haji. Indonesia menjadi salah satu negara yang mengirimkan calon jemaah haji ke Arab Saudi. Jumlah embarkasi seluruh Indonesia adalah 371 embarkasi. Keberangkatan jemaah haji dimulai dari awal sampai akhir September mendatang.

Menanggapi jemaah yang sakit, petugas kesehatan di sana terus mengawasi kesehatan para jemaah. "Imbauan untuk menjaga kesehatan juga kami ingatkan," kata Djamil, "karena aktivitas yang akan dilakukan sangat padat."

Selain itu, petugas juga mengingatkan agar jemaah tidak memaksakan diri apabila sedang dalam kondisi tidak sehat. "Kalau perlu didampingi silakan beritahu petugas," katanya.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply