154 Narapidana Lapas Sigli Dapat Remisi

SIGLI – 154 Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Sigli akan mendapat remisi khusus. Remisi khusus tersebut diberikan kepada narapidana yang kembali ke penjara secara sukarela, setelah dilepas karena gempa 8.5 skala richter yang mengguncang Aceh pada April 2012 lalu.

Kepada ATJEHPOSTcom, Rabu 31 Oktober 2012, kepala Lapas Sigli, Gunarto mengatakan remisi tersebut akan diserahkan oleh Kakanwil Kemenkumham Aceh, Yatiman Eddy pada Senin 5 November 2012 yang akan datang.

Menurutnya, sebenarnya remisi khusus atau remisi gempa itu tidak ada. Tapi karena di Aceh merupakan daerah khusus dan sering dilanda gempa, "maka kami memperjuangkan supaya yang dilepaskan karena gempa dan ditakutkan terjadi tsunami pada April lalu, diberikan remisi khusus masing masing mendapat potongan hukuman selama satu bulan."

Kata dia, ini merupakan bentuk penghargaan dan rasa kemanusian terhadap mereka. Selain itu, menurut Gunarto, saat ini Lapas Sigli mengalami over kapasitas.

"Daya tampung Lapas Sigli hanya 120 orang dengan 18 kamar, sementara jumlah napi dan tahanan disini berjumlah 253 orang. Terdiri dari 137 napi dan 116 tahanan."

Gunarto mengatakan, rata-rata penghuni lapas tersebut karena terjerat masalah narkoba. Untuk itu, kata dia, ada baiknya pemerintah daerah menambah kamar agar penghuninya tidak berdesakan.

"Dan kalau bisa untuk napi dan tahanan narkoba dibuat lapas khusus seperti di Langsa," tuturnya.(bna)

  • Uncategorized

Leave a Reply