15 Kelompok Usaha di Aceh Barat Terima Dana Rp 20 Juta

MEULABOH – Sebanyak 15 Kelompok Usaha Bersama (KUB) dari Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat mendapat dana pembinaan dan pendampingan sebesar Rp 20 juta per kelompok.

Dana tersebut dikucurkan Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Aceh Barat guna meningkatkan kesejahteraaan perekonomian masyarakat.

"Program tersebut adalah upaya mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat," kata Kepala Bidang Dinsosnakertrans Aceh Barat, Alfian Jumat 14 September 2012.

Menurut dia, dana tersebut langsung dibayar melalui rekening kelompok masing-masing dari Kementrian Kesejahteraan Sosial.

Kata dia, kelompok usaha tersebut didominasi oleh kelompok industri makanan ringan berupa pembuatan kue kering dan kue basah, usaha pengolahan batu cincin (akik) serta kelompok usaha peternakan.

Program ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2005 dengan jumlah KUB perkotaan dan pedesaan mencapai 68 kelompok. Sementara yang sudah berhasil sebanyak 30 kelompok atau 48 persen.

"Untuk 38 kelompok binaan lainnya masih terus di dampingi dan diberikan pembinaan sehingga kelompok tersebut sukses,” ujarnya.

Selain itu, kata Alfian, bagi kelompok yang telah berhasil akan dilepas, karena dianggap telah mampu dalam melakukan usaha kelompok bersama.

"Keberhasilannya sendiri dilihat dari banyaknya yang bergabung dalam kelompok tersebut," ujarnya.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply