13 Terdakwa Kerusuhan Pilkada Gayo Lues Disidangkan

BANDA ACEH – Masih ingat kasus kerusuhan Pilkada Gayo Lues? Para pelaku yang bertindak anarkis lantaran tidak terima dengan hasil Pilkada 9 April 2012, kini mulai duduk di kursi pesakitan Pengadilan Negeri Banda Aceh.

Informasi dilansir situs resmi Pengadilan Negeri Banda Aceh menyebutkan, 13 terdakwa perkara kerusuhan di Gayo Lues menjalani sidang perdana pada Kamis, 18 Oktober 2012. Tiga belas terdakwa itu disidangkan dalam delapan berkas terpisah.

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Banda Aceh menangani perkara ini berdasarkan Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor : 090/KMA/SK/VII/2012, tanggal 12 Juli 2012 tentang Penunjukan Pengadilan Negeri Banda Aceh untuk memeriksa dan memutuskan perkara pidana atas nama terdakwa Syamsul bin Syarifuddin dan kawan-kawan.

Para terdakwa diduga telah memprovokasi ribuan massa dan juga sebagai pelaku perbuatan anarkis dengan cara membakar kantor KIP Gayo Lues, membakar dua unit mobil dinas, membakar kotak suara dari lima kecamatan dan fasilitas lain yang berkaitan dengan e-KTP paska Pilkada Gayo Lues 9 April 2012 lalu.

Materi sidang perdana adalah pembacaan surat dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum dari Kejati Aceh dan Kejari Banda Aceh. Kemudian Majelis Hakim menunda sidang hingga Selasa, 23 Oktober 2012 untuk mendengar keterangan saksi-saksi yang diajukan Penuntut Umum.[](rz)

  • Uncategorized

Leave a Reply