112 Kepala Keluarga di Nagan Raya Terima Kebun Sawit Plasma

SUKA MAKMUE – 112 kepala keluarga keturunan Raja Ubit yang berdomisili di Desa Blang Tripa, kawasan Gunong Kong, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya menerima kebun sawit plasma dari PT Surya Panen Subur (SPS) .

Kepala Bidang Kehutanan di Dinas Kehutanan dan Perkebunan Nagan Raya, Heri Yanti Nova, kepada sejumlah wartawan mengatakan pemberian kebun sawit plasma tersebut ditujukan bagi masyarakat yang kurang mampu.

“Untuk tahap pertama ini dialokasikan kepada 112 KK di Gunong Kong yang kebetulan merupakan keturunan Raja Ubit,” ujarnya, Selasa, 2 Oktober 2012 kemarin.

Program kebun sawit plasma tersebut merupakan hasil kesepatakan antara Pemkab Nagan Raya dengan PT SPS. Total luas areal yang dialokasikan seluas 800 hektar di tiga lokasi dengan rincian di Blang Tripa seluas 225 hektar untuk 112 KK. Dua lokasi lainnya direncanakan di Desa Blang Baro seluas 300 hektar, dan di kawasan Blang Luah seluas 300 hektar.

Pemberian kebun plasma tersebut dilakukan secara simbolis melalui kegiatan seremonial yang dilakukan di Gunong Kong. Acara itu dihadiri oleh sejumlah warga yang mewakil masing-masing dari tiga kelompok penerima.

Acara seremonial tersebut juga dihadiri oleh Penjabat Bupati Nagan Raya Azwir, Ketua DPRK Nagan Raya Samsuardi, dan perwakilan dari PT SPS, juga dari unsur Muspida.

Penjabat Bupati Azwir dan Ketua DPRK dalam acara itu dalam sambutan mereka menyampaikan terimakasihnya kepada pihak perusahaan yang telah berkomitmen melaksanakan kebun plasma. Ia juga meminta agar masyarakat bisa mengawasi proses tersebut sehingga realisasinya bisa tepat sasaran.

Pantauan The Atjeh Post, acara itu diisi dengan acara peusijuk atau tepung tawar kepada sejumlah pejabat yang hadir oleh masyarakat. Mereka juga mempeusijuk alat berat yang ada di sana sebagai pertana dimulainya areal pembukaan lahan kebun sawit plasma bagi masyarakat.[] (ihn)

Berita terkait:

Pemkab Nagan Raya dan PT SPS Teken MoU Perkebunan Plasma Kelapa Sawit

  • Uncategorized

Leave a Reply