Fakta Minta DPR Aceh Konsisten Jelang Paripurna Pansus

Fakta Minta DPR Aceh Konsisten Jelang Paripurna Pansus

BANDA ACEH – Sidang Paripurna Panitia Khusus yang akan digelar sejak 4-5 Juni 2015, merupakan jawaban sekaligus pembuktian konsistensi sebuah lembaga pengawasan. Hal ini disampaikan Koordinator Forum Anti-Korupsi dan Transparansi Anggaran (FAKTA), Indra P Keumala, kepada portalsatu.com, Rabu malam, 3 Juni 2015.

Indra mengatakan setidaknya terungkap 30 masalah besar terjadi dalam realisasi kegiatan konstruksi tahun anggaran 2014.

“Itu data yang diungkap Pansus sendiri, mulai dari Pansus I hingga X. Jadi tinggal kita tunggu bagaimana sikap dewan selanjutnya,” ujarnya.

Indra mengatakan lembaga legislatif memang tidak memiliki kewenangan mendelegitimasi kekuasaan seorang pimpinan daerah hanya dengan menolak laporan pertanggungjawaban.

“Sekalipun realisasi APBA itu sepenuhnya bertolakbelakang dengan LKPJ yang disampaikan, perundang-undangan tetap tidak memberi ruang bagi dewan menjatuhkan Gubernur,” katanya.

Namun menurut Indra, DPRA tidak boleh secara serta-merta menjadikan hal itu sebagai alasan untuk mempeti-es-kan seluruh temuan Pansus. Pasalnya, kata Indra, upaya lain semisal merekomendasikan pembentukan alat kelengkapan dewan masih memungkinkan terjadi.

“Jangan berhenti. Harus ada  rekomendasi untuk upaya penuntasan. Misalnya lewat mendorong proses hukum atau bisa juga lewat pembentukan Pansus yang secara khusus menindaklanjuti semua temuan,” kata Indra.

Sebelumnya diberitakan, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh akan menggelar rapat paripurna tahun 2015, Kamis 4 Juni 2015, pukul 09.00 WIB.

Berdasarkan informasi yang diperoleh portalsatu.com, parpurna DPR Aceh ini beragendakan penyampaian laporan Panitia Khusus (Pansus) I hingga X DPR Aceh tahun 2015. Sidang berlangsung di gedung utama DPR Aceh.

Sidang kemudian dilanjutkan pada Jumat 5 Juni 2015, dengan agenda penyampaian laporan Panitia Khusus I hingga X DPR Aceh tahun 2015 di gedung utama DPR Aceh. [](bna)

Leave a Reply