100 Hari Jokowi: Membangun Jangan Cuma Bicara Saja

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menegaskan perlunya eksekusi lapangan dalam memutuskan sesuatu. Hal tersebut yang memicu dirinya sering blusukan langsung ke lapangan ketimbang duduk saja di kantor.

"Kalau tidak tinjau lapangan ya kita gak ngerti kebutuhannya gimana, berapa personil yang dibutuhkan, berapa ribu karung pasir yang diputuskan. Kita harus ngerti lapangannya, kalau gak ngerti gimana mau memutuskan sesuatu," ujar Jokowi ketika ditanyakan masalah kebiasaannya turun langsung ke lapangan dalam acara 100 hari Jokowi-Ahok, di TV One, Senin 21 Januari 2013.

Menurut Jokowi, pemerintah harus segera mengerjakan dan memperbaiki segala sesuatu dengan bekerja. "Jangan cuma berbicara saja, tapi kerjakan," ujar dia.

Dia menampik bahwa kebiasaannya turun ke lapangan merupakan sikap rasa tidak percaya kepada jajaran di bawahnya. Menurut Jokowi, tindakan eksekusi di lapangan bisa mempercepat sebuah pembangunan.

"Saya percaya tapi kan lihat juga di lapangan supaya bisa diputuskan apa yang belum dan sudah," kata Jokowi dalam wawancara yang berlangsung di tanggul Latuharhary Jakarta.

Untuk mengatasi dan mempercepat pekerjaan pembangunan, Jokowi mengatakan seorang pemimpin juga harus menguasai lapangan dan mengantungi data konkret.

"Harus gubernur langsung yang turun ke lapangan. Karena saya dalam posisi bertanggung jawab. Apapun saya lakukan terkait kemaslahatan warga. Apapun ini terkait kepentingan warga Jakarta," kata dia.

Jokowi mengatakan, blusukan sangat diperlukan karena selama ini pembangunan Jakarta terkesan lambat. Dia mencontohkan perencanaan monorel yang sudah ada sejak 20 tahun lalu. "Tapi malah tetangga yang duluan ada," kata dia.

Dia mengatakan semuanya padahal sudah ada.

"Blue print sudah ada, rancangan sudah ada, kok gak jalan-jalan. Berarti masalahnya ada di eksekusi lapangan," kata dia sembari membenarkan perlunya blusukan langsung ke lapangan.

Kendati demikian, dirinya mengakui menyelesaikan masalah tidak mudah. Seperti halnya mengenai kemacetan lalu lintas, Jokowi mengatakan tidak akan teratasi jika semua masyarakat menggunakan mobil pribadi.

"Walaupun pemerintah sudah menyediakan monorel, Transjakarta dan sebagainya, tapi kalau masyarakat pingin menggunakan mobil sendiri gak mau jalan kaki ya susah."[bna]

  • Uncategorized

Leave a Reply