10 Makanan ini bikin perut tambah buncit

JIKA sedang berusaha menurunkan berat badan, sebaiknya hindari beberapa makanan yang sifatnya justru bikin perut tambah buncit.

Apa saja? Simak langsung seperti yang dilansir dari Care2 berikut ini.

Pemanis buatan

Pemanis buatan bisa ditemukan dalam soda atau soda diet. Meski ada embel-embel diet pada soda, ternyata pemanis yang digunakan justru pemanis buatan dan tetap membuat perut jadi buncit.

Gula putih

Makanan ini sangat tinggi kalori. Di dalamnya tidak ada vitamin dan mineral apapun. Jadi perhatikan baik-baik makanan yang dikonsumsi. Jangan sampai di dalamnya mengandung gula putih yang berlebihan.

Keju

Produk susu yang satu ini mengandung cukup banyak lemak dan sedikit sulit dicerna. Jika dikonsumsi berlebihan, tubuh akan kesulitan mencerna keju dan akhirnya perut menjadi semakin buncit.

Produk roti

Roti yang menggunakan tepung putih sebagai bahan dasar perlu dihindari. Selain itu, bahan-bahan lain yang ditambahkan dalam roti, seperti gula dan zat tepung, ikut berperan dalam kondisi perut yang membuncit.

Kentang goreng

Selain penuh kolesterol dan lemak tinggi, kentang juga membuat tubuh mudah gendut jika dikonsumsi. Jadi ketika ingin menikmati kentang, sebaiknya olah makanan ini dalam bentuk rebusan atau kukusan.

Alkohol

Konsumsi alkohol bisa meningkatkan hormon penyebab stres dan memblokir kinerja tubuh dalam membakar lemak. Akibatnya, bukan perut saja yang jadi buncit, timbunan lemak akan ditemukan hampir di seluruh bagian tubuh.

Karbohidrat putih

Biasanya karbohidrat putih ditemukan dalam nasi putih, pasta, dan roti putih. Semuanya bisa bikin perut tambah buncit karena mengandung indeks glikemik yang tinggi.

Lemak

Ada dua macam lemak yang terdapat pada makanan, lemak baik dan jahat. Sebaiknya pilih lemak baik untuk dikonsumsi dan jauhi lemak jahat. Contoh sumber lemak jahat adalah makanan yang digoreng kering.

Makanan olahan

Makanan olahan terkenal dengan kalorinya yang tinggi dan hampir tidak memiliki nutrisi sama sekali. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan kalau konsumsi makanan olahan dikaitkan dengan risiko depresi.

Daging olahan

Selain makanan olahan, daging olahan – seperti bacon, sosis, hot dog – adalah hidangan yang juga bikin perut tambah buncit, kolesterol naik, dan tekanan darah meningkat. Hindari semuanya demi menjaga kesehatan tubuh.

Itulah berbagai makanan yang sifatnya bikin perut tambah buncit. Pastikan Anda membatasi konsumsinya atau menghindari semuanya.[] sumber : merdeka.com

  • Uncategorized

Leave a Reply