10 Cara Tetap Bugar di Usia Senja

Usia yang beranjak tua bukan alasan untuk bermalas-malasan dan mengabaikan kesehatan. Di usia senja, justru banyak penyakit yang mulai berdatangan.

Lalu bagaimana cara menjaga kebugaran ketika usia mulai merangkak naik? Health Me Up (12/10) membagikan beberapa tips berikut ini.

1. Otak tetap aktif
Otak adalah bagian terpenting yang mengendalikan hidup Anda. Otak mengontrol pikiran, perilaku, dan lainnya. Untuk hidup dengan bugar dan bersemangat di usia tua, Anda perlu menjaga otak agar tetap aktif.

Ketika Anda pensiun dan tak bekerja, itu bukan alasan untuk bermalas-malasan dan membekukan otak. Lakukan sesuatu yang membuat otak terus berpikir dengan aktif. Semakin sering melatih otak, Anda akan semakin terhindar dari penyakit seperti Alzheimer atau Demensia.

2. Jaga postur tubuh
Seiring bertambahnya usia, postur tubuh seringkali tidak diperhatikan. Anda terlahir dengan tulang punggung yang lurus, namun karena gaya hidup dan gaya duduk yang salah, seringkali Anda memiliki tubuh yang melengkung.

Hindari tubuh yang melengkung dengan menggunakan berdiri pada tumit sesekali. Ini membantu Anda menjaga tinggi badan dan mengurangi sakit punggung.

3. Kesehatan gigi
Penelitian telah menemukan kaitan antara kesehatan mulut dan jantung. Untuk itu, menjaga kesehatan mulut sangat diperlukan. Gosok gigi dua kali sehari, hilangkan kerak gigi, dan kunjungi dokter gigi secara teratur untuk menjaga kesehatan mulut dan jantung.

4. Berhenti merokok
Kebiasaan merokok membuat seseorang terlihat lebih tua 10 tahun dari usianya. Merokok juga mengurangi kadar kolagen dalam kulit sehingga membuat wajah perokok terlihat tak bahagia, kering, kusam, dan mudah berkeriput.

5. Konsumsi rempah-rempah
Rempah-rempah, terutama kunyit, bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kunyit membantu mengurangi dan mencegah peradangan. Selain itu, kunyit juga dipercaya memiliki zat penyembuh sejak zaman dulu. Kesimpulannya, kunyit bisa membantu Anda hidup lebih lama dan sehat.

6. Kurangi paparan sinar matahari
Berjemur di bawah matahari pagi memang bagus untuk kulit, namun lewat pukul 8 pagi, sinar matahari bisa berbahaya.

Sinar matahari mengandung sinar UV yang membuat kulit mudah berkeriput, gosong, dan kendor. Hindari juga panas di siang hari. Jika ingin keluar pada siang dan sore hari, pastikan Anda menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF kurang dari 15.

7. Kurangi alkohol
Alkohol membuat Anda bersenang-senang, namun akibatnya tak bagus untuk kulit. Alkohol membuat kulit tampak kering dan kusam karena kekurangan cairan.

8. Jaga makanan
Apa yang Anda makan akan terlihat pada kesehatan ketika Anda mulai menua. Untuk itu sangat penting menjaga jenis makanan yang Anda konsumsi. Jalani diet kaya protein, termasuk makanan seperti sayuran hijau, daging merah, gandum utuh, dan buah-buahan.

9. Olahraga
Melakukan yoga atau olahraga lain yang Anda sukai bagus untuk menjaga kebugaran saat usia menua. Olahraga akan melancarkan peredaran darah dan metabolisme, serta membuat Anda tampak lebih muda.

10. Cukup tidur
Ketika tidur, lepaskan kekhawatiran dan tekanan yang Anda rasakan. Ketika usia menua, menjaga kualitas tidur adalah hal yang sulit dilakukan. Anda akan lebih susah untuk tidur selama 8 jam setiap hari. Namun, tidur delapan jam sangat dibutuhkan tubuh Anda untuk mengeluarkan hormon pertumbuhan pengganti sel-sel yang rusak. Kurang tidur akan membuat Anda cepat tua, lemah, dan tidak memiliki penampilan yang segar.

Itulah 10 cara yang bisa Anda terapkan untuk tetap terlihat bugar dan bersemangat dalam usia yang semakin tua. |sumber:merdeka.com

  • Uncategorized

Leave a Reply