1 Maret hari bersejarah untuk Aceh?

SUTRADARA dan pembuat film dokumenter Radio Rimba Raya, Ikmal Gopi meminta kepada Pemerintah Aceh untuk menyambut 1 Maret sebagai hari bersejarah Aceh dalam memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia. Kata dia, sejarah Aceh terkikis karena kerap dibiarkan hilang begitu saja.

"Pemerintah Aceh harus jeli pada sejarah seperti sejarah Radio Rimba Raya yang menyebutkan Indonesia masih ada pada masa agresi Belanda dulu," kata Ikmal Gopi via ponsel dari Jakarta kepada ATJEHPOSTcom, Kamis 21 Februari 2013.

Menurut sutradara muda asal Gayo itu, pemerintah Aceh perlu mendorong sejarah yang nyaris terlupa sebagai dorongan kepada generasi mendatang. Soal Radio Rimba Raya yang dibuat menggunakan dana sendiri itu, merupakan sejarah penting bagi Indonesia.

"Dalam hal ini Aceh sangat berperan memerdekakan Indonesia," tutur Ikmal.

Radio Rimba Raya menyiarkan tentang kemerdekaan Indonesia ke seluruh Dunia. Radio tersebut berada di kabupaten Bener Meriah. Satu-satunya pembuat film yang mendokumentasikannya adalah sarjana film lulusan Institut Kesenian Jakarta, Ikmal Gopi.[](bna)

  • Uncategorized

Leave a Reply