1 Juta Warga Chile Dievakuasi Akibat Gempa 8,3 SR, 5 Tewas

1 Juta Warga Chile Dievakuasi Akibat Gempa 8,3 SR, 5 Tewas

 

SANTIAGO – Gempa bumi berkekuatan 8,3 Skala Richter (SR) yang mengguncang Chile memaksa 1 juta warga untuk mengungsi dari rumah mereka. Korban tewas sejauh ini bertambah menjadi 5 orang.

Pusat gempa ini berada di lokasi sejauh 54 kilometer dari kota Illapel dan berjarak sekitar 280 kilometer dari ibukota Santiago. Presiden Chile, Michelle Bachelet akan mengunjungi langsung wilayah-wilayah terdampak gempa.

“Sekali lagi, kita harus menghadapi pukulan keras dari alam,” tutur Bachelet dalam pernyataannya melalui televisi nasional, seperti dilansir Reuters, Kamis (17/9/2015).

Otoritas setempat menyebut sedikitnya 5 orang tewas akibat bencana alam ini. Sebagian besar korban tewas berada di kota Illapel. Seorang wanita berusia 26 tahun tewas tertimpa tembok roboh di Illapel dan seorang warga lainnya tewas di Santiago, akibat serangan jantung saat gempa terjadi.

“Ini akan menjadi malam yang panjang,” tutur warga setempat, Ronny Perez,

Gempa ini merusak rumah warga, gedung dan melukai beberapa orang. Aliran listrik di wilayah Illapel terputus akibat gempa dan warga tidak mendapat suplai air minum yang layak. Sekitar 1 juta warga Chile terpaksa dievakuasi ke lokasi yang lebih aman, setelah pemerintah merilis perintah evakuasi.

Provinsi Central Choapa merupakan wilayah paling dekat dengan pusat gempa. Otoritas Chile menyatakan provinsi ini sebagai zona bencana dan memberlakukan aturan darurat militer.

Tayangan televisi setempat menampilkan warga yang panik dan berkumpul di jalanan, dekat gedung-gedung yang rusak. Gelombang tsunami setinggi 3 meter hingga 4,5 meter dilaporkan menerjang wilayah Coquimbo, yang terletak dekat pantai. | sumber: detik.com

Foto warga Chile mengungsi ke tempat yang lebih tinggi (REUTERS/Rodrigo Garrido)

Leave a Reply